Kolaborasi 'Hitam Putih' Artis Mural Mancanegara

Fadli Adzani, CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2015 09:43 WIB
Kolaborasi 'Hitam Putih' Artis Mural Mancanegara Ilustrasi mural (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seni lukis mural atau melukis di dinding sudah menjamur di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya kaum muda. Lihat saja dinding ruang publik yang nyaris tak pernah polos.

Sang kreator, kebanyakan para remaja, siswa-siswa SMP dan SMA, yang turun ke jalanan untuk menumpahkan kreativitas dan isi pikiran mereka di dinding-dinding Ibu Kota.

Kadang mural mereka bisa dinikmati, sekalipun hanya berupa tagging atau tulisan ruwet khas komunitas hip hop, dan kadang tak beraturan atau bahkan tak senonoh.


Apa pun mural karya kaum muda yang ada, tetap menjadi perhatian panitia Indonesia Comic Con, konvensi budaya terbesar yang telah diestafet di berbagai negara di dunia.

Tahun ini, Indonesia Comic Con akan mengadakan aktivitas melukis di sebuah kanvas yang melibatkan artis mural mancanegara berkolaborasi dengan talenta mural lokal.

Artis mural mancanegara itu adalah Secret Walls yang digawangi oleh Terry Guy. Mereka akan berkolaborasi dengan seniman mural lokal di atas kanvas putih.

Uniknya, mural kali ini hanya memakai cat berwarna hitam saja, yang akan dipadukan dengan warna putih dari kanvas yang akan menjadi "taman bermain" mereka.

“Sangat penting bagi kami untuk berkolaborasi dengan artis lokal Indonesia,” ujar Terry kepada awak pers ketika ditemui di konferensi pers Indonesia Comic Con, Jakarta, pada Kamis (12/11).

Terry dkk mengaku senang berkolaborasi dengan artis lokal. Mereka malah menganggap artis lokal sebagai pemeran utama dalam aktivitas mural di Indonesia Comic Con.

“Hal ini akan sangat menyenangkan!” tutur Terry, penuh semangat.

Kegiatan yang dikompetisikan ini akan dimulai pada Sabtu (14/11) berbarengan dengan pembukaan Indonesia Comic Con. Dimulai pada pukul 7 pagi, kompetisi mural ini hanya berdurasi 90 menit.

Peserta tidak boleh menggunakan pewarna selain hitam. Nantinya, kanvas putih itu akan disulap menjadi karya seni hitam putih yang mengagumkan dari tangan-tangan para artis lokal.

Terry menegaskan, ia berharap masyarakat lokal dapat mendukung artis mural Tanah Air. Dengan begitu, seni mural akan menjadi lebih maju dan meningkat antusiasnya.

“Kami harap, masyarakat akan mendukung artis mural lokal ketika melakukan kompetisi ini,”ucap Terry.

Yang lebih unik, kompetisi ini tidak akan mengikutsertakan juri. Pemenang akan ditentukan oleh teriakan penonton.

“Siapa yang mendapatkan sorakan terkeras, maka mereka lah yang akan menjadi pemenang.”

Selain itu, Terry mengungkapkan keinginannya membawa artis mural lokal untuk pergi ke New York, Amerika Serikat. Nantinya, di sana mereka akan diajak bertempur dengan artis mural dari seluruh dunia.

“Kami ingin membawa artis mural lokal ke New York untuk bertarung bersama Secret Walls dan artis-artis mural lainnya.”

Indonesia Comic Con akan digelar pada akhir pekan ini, 14 hingga 15 November 2015.

(vga/vga)