Menikmati Mimpi Indra Lesmana di Kemayoran

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Sabtu, 29/10/2016 00:10 WIB
Menikmati Mimpi Indra Lesmana di Kemayoran Musisi Indra Lesmana mengeksplorasi musik baru di Synchronize Festival 2016, dilatarbelakangi oleh mimpi bermain musik dengan ayahnya, Jack Lesmana. (CNNIndonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah keriuhan panggung-panggung lain Synchronize Festival 2016, alunan musik jazz terdengar di sudut Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta. Alunan itu dibawakan oleh musisi Indra Lesmana Keytar Trio di atas panggung 'District Stage', pada Jumat (28/10) malam.

Di bawah sorot lampu dan iringan instrumen bass dan drum, Indra mengeksplorasi musik baru melalui keytar (keyboard and guitar). Pria yang biasa memainkan alat musik piano dan keyboard itu memanjakan kuping penikmatnya dengan materi dari album barunya yakni About Jack.

"Ini album yang terakhir saya garap dengan Keytar Trio, ide dasarnya diambil dari mimpi bermain dengan ayah saya, Jack Lesmana. Saya tangkap dari mimpi itu untuk dituangkan ke album ini," katanya saat ditemui usai tampil.


Berangkat dari kerinduannya bermain musik dengan mendiang ayahnya itu, Indra mengeksplorasi album yang berisi sembilan lagu. Satu lagu, dia berkolaborasi dengan suara buah hatinya, Eva Celia. Album itu sudah dirilis secara digital pada Agustus lalu, sedangkan CD dirilis satu bulan kemudian.

"Kalau sejak resmi dirilis, materi album ini baru pertama dibawain di Synchronize Fest ini, tapi sebelumnya sesekali pernah dibawain untuk mengenalkan sebelum dirilis," ungkapnya.

Terkait konsep albumnya itu, diakui Indra ini berbeda dengan album sebelumnya yang cenderung banyak menggunakan instrumen piano dan keyboard.

"Dengan keytar ini saya eksplorasi untuk menghasilkan suara yang bunyinya seperti gitar, karena saya pada hakikatnya tidak mahir bermain gitar makanya pakai ini," kata Indra.

Penampilan Eva Celia

Di sela-sela penampilannya, Eva yang turut hadir menyaksikan sang ayah di antara penonton pun diajak naik ke atas panggung.

Keduanya membawakan lagu kolaborasi di album About Jack, yang disebutkan Indra merupakan lagu favorit kakek Eva yakni Embraceable You.
"Yang pasti kalau Jack ada, saya yakin dia akan bahagia dan bangga sekali," kata Indra soal penampilannya bersama Eva.

Eva pun turut menambahkan, "Saya kenal akung dari cerita ayah, dan nyanyi lagu ini seperti sudah bertemu dengan beliau," ujar Eva.

Selain lagu kolaborasi itu, Indra turut membawakan lima lagu lain yakni YB0DF, Morning Spirit, Long Journey, Raymond St Blues, serta I Wish.

Mengaku sudah lama tak tampil dalam acara festival, Indra merasa senang bisa turut serta dalam Synchronize Festival yang berlangsung dari 28-30 Oktober 2016 dan berupa festival musik multi genre dan generasi ini.

"Saya kangen tampil di ajang yang tidak pakai atribut genre tertentu. Main dengan crowd yang mungkin belum pernah lihat saya main. Dan saya pun punya kesempatan nonton band yang belum saya lihat secara live, bagaimana itu bisa jadi inspirasi baru," katanya.

Indra pun menambahkan, "Ini bukan hanya sebuah festival tapi sebuah gerakan untuk menyatukan seluruh genre, masyarakat, tua muda, apa pun itu." (asa)