Yang Memukau di 'Jakarta Contemporary Ceramics Biennale 2016'

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 08/12/2016 19:01 WIB
Memasuki gelarannya yang ke-empat, pameran keramik kontemporer tahun ini memberi gambaran menjanjikan akan perkembangan seni keramik masa depan. Stargazed, karya seniman Swedia Eva Larsson. (Foto: CNN Indonesia/Rahman Indra)
"Ini adalah tentang manusia, dan caranya dalam berkomunikasi satu sama lain, saling membantu dan mencapai keinginan yang ingin diraihnya." 

Demikian Eva Larsson, seniman asal Swedia yang membuat karya berjudul Stargazed itu menjelaskan karyanya saat ditemui di sela-sela pameran. 

Dibuat dari bahan keramik dan proses yang cukup rumit, ia membuat beberapa figur yang menyerupai manusia. Beberapa di antaranya sosok perempuan, yang menurut Eva mewakili dirinya sebagai perempuan.


Total ada 15 figur yang ditampilkan, tujuh di atas meja, dan delapan lainnya yang seolah berada di udara bergantung di seutas tali. Semua figur menyampaikan ekspresi yang berbeda.

Untuk karyanya ini, Eva mengatakan dirinya menggunakan bahan dari tanah liat yang dibakar lewat proses raku, yakni pembakaran yang memberikan patung permukaan dengan celah-celah dan nuansa yang sesuai dengan eskpresi yang diinginkan. 

Yang menarik, karyanya ini mendapat efek dramatis ketika berada di bawah sorot lampu dengan menghasilan bayangan yang terpampang di dinding. Bayangan-bayangan figur ini muncul dalam ukuran yang besar. Kombinasi antara karya di atas meja dan tambahan efek yang ditimbulkannya menjadikan karya ini mengesankan dan membuat betah berlama-lama. (rah/rah)
HALAMAN :
1 ... 4 5 6 7
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK