Diboikot Ukraina, Kontestan Eurovision Rusia Konser di Crimea

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 12/05/2017 09:31 WIB
Diboikot Ukraina, Kontestan Eurovision Rusia Konser di Crimea Foto: REUTERS/Maxim Zmeyev
Jakarta, CNN Indonesia -- Larangan masuk bagi kontestan Eurovision dari Rusia, Yulia Samoylova, ke Ukraina bukan halangan bagi penyanyi tersebut. Ia justru baru menyelesaikan penampilan di Crimea, wilayah Ukraina yang dicaplok Rusia.

Diberitakan Reuters, Samoylova melenggang ke Crimea untuk menyanyikan Flame is Burning dalam sebuah acara peringatan kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman.

Lagu tersebut adalah lagu yang disiapkan Rusia untuk tampil di final Eurovision di Kiev, Ukraina. Namun Samoylova dilarang masuk Ukraina akibat pernah konser secara ilegal di Crimea pada 2015.

Meski ditolak di Kiev, Samoylova sukses menghibur ribuan orang di kota Sevastopol, rumah bagi armada Laut Hitam Rusia. Dalam acara itu pula, Samoylova menyanyikan Victory Day, lagu Uni Soviet untuk perayaan Perang Dunia II.


"Eurovision bukan kontes lagu, juga bukan kontes penyanyi. Ia adalah kontes politik. Kami tidak suka kontes seperti itu," kata seorang penonton, Lyudmila Dobrovolskaya.

Rusia merebut Crimea pada 2014, namun sebagian besar negara masih mengganggapnya sebagai bagian dari Ukraina.

Atas larangan masuk Samoylova yang berlaku hingga tiga tahun, Moskow menuduh Ukraina melakukan diskriminasi terhadap penyanyi Rusia tersebut dan melanggar peraturan kontes tersebut.

Rusia pun menolak dua kompromi yang ditawarkan panitia Eurovision agar Samoylova tetap dapat tampil. Stasiun televisi Rusia yang menyiarkan Eurovision pun memboikot acara tersebut tahun ini.

Selama tampil di Crimea, Samoylova menghindari menyebut Eurovision dan berterima kasih kepada penonton karena telah mengundangnya.

"Saya datang ke sini hari ini dengan amat bahagia dan sangat menikmatinya," kata Samoylova kepada televisi Rusia, First Channel, Selasa (9/5). "Kehormatan bagi saya untuk tampil di sini, dan saya akan mencoba dan membagikan kebahagiaan ini kepada kalian,"

Malam final Eurovision tahun ini akan diadakan 13 Mei di International Exhibition Centre, Kiev, Ukraina.

[Gambas:Instagram]