Pencetus #AksiBelaIslan dan #166 Pastikan Seruannya Guyonan

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Jumat, 16/06/2017 12:29 WIB
Pencetus #AksiBelaIslan dan #166 Pastikan Seruannya Guyonan Kabar kedekatan Chelsea Islan dan Bastian Steel hebohkan netizen, sampai ada #AksiBelaIslan. (CNN Indonesia/Syanne Susita)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh lelaki Indonesia mendapat ‘seruan’ dari Yoshua Marchiano. Ia adalah sosok di balik ‘poster’ Aksi Bela Islan 16 Juni 2017 yang beredar luas di media sosial.

Masih seperti #AksiBelaIslan di Twitter yang beredar sebelumnya, itu tentang Chelsea Islan dan Bastian Steel. Aksi itu ‘menuntut’ Chelsea untuk #PutuskanBastian, seperti di poster.

‘Poster’ bikinan Yoshua seperti seruan sungguhan. Warnanya hijau-kuning-putih, mirip seruan bela Islam yang belakangan marak memenuhi jalanan di tanggal-tanggal khusus. Apalagi di keterangan foto yang ia pasang di Facebook, Yoshua seperti serius.




“SERUAN UNTUK SELURUH LELAKI INDONESIA, dengan adanya berita bahwa Bastian berpacaran dengan Chelsea Islan kami FPI (Front Pembela Islan) tidak bisa diam begitu saja. LASKAR!”

Ia menambahkan, meminta seruannya disebarluaskan, “Mari bergabung AKSI BELA ISLAN. 16 JUNI 2017 bertempat di Rumah Makan Padang Sederhana Ampera Raya, dan untuk yang berdomisili diluar JABODETABEK , bisa ikut aksi CYBER untuk meretas situs situs bastyan steal.”
Yoshua memberi tagar #AksiBelaIslan dan #166, tanggal unik seperti yang selama ini dijadikan FPI (Front Pembela Islam) menggelar aksi-aksi bela Islam di Jakarta.

Tak ayal, seruan guyonan bikinannya itu menyebar luas. Di Facebook, saat ini seruan itu sudah dibagikan sebanyak hampir 3.500 kali dan lebih dari dua ribu orang bereaksi terhadapnya: ada yang suka, tertawa sampai marah. Komentarnya, sudah lebih dari 500 buah.

Banyak yang mempermasalahkan poster yang diunggah sehari lalu itu karena seperti menyindir aksi-aksi bela Islam. Ada yang menganggapnya serius dan ingin bergabung. Tapi tak sedikit pula yang sadar bahwa itu hanya candaan belaka, dan ikut tertawa bahkan meresponsnya.
Thank you brad, lu telah menyuarakan isi hati kita semua, hahahaha,” tulis salah satu akun. Ada yang menyebut sang penggagas sengaja membuat meme itu agar bertemu Chelsea.

Yoshua sendiri terkesan bangga candaannya menyebar luas. Ia menulis di dinding Facebook bahwa ‘poster’ bikinannya itu diunggah ulang oleh sebuah lini agregator massa.

Ia bahkan menambahkan, sembari masih bercanda, “Belom mulai perkuliahan aja meme gue laku, gue kayanya kuliah cuma 1,5 tahun nih langsung lulus sarjana meme.”

Yoshua juga mendapat pujian dari akun yang menulis langsung di dinding Facebook-nya. “Selamat ya. Ajakan Anda soal #AksiBelaIslan telah menunjukkan banyaknya warganet yang baca sesuatu dengan kebencian dan ketololan. Hahaha,” tulis akun Kaliandra untum Yoshua.
Seruan Aksi Bela Islan di Facebook.Seruan Aksi Bela Islan di Facebook. (Screenshoot via facebook.com (Yoshua Marchiano))
Ia menanggapi banyaknya pembela FPI sungguhan yang tersinggung dengan meme Yoshua.

Atas itu, sang penggagas poster sudah memastikan langsung bahwa unggahannya murni bercanda. Ia bahkan tak benar-benar berniat datang dan mengumpulkan massa di sebuah restoran di Ampera Raya yang ia sebut dalam ‘seruannya’ di Facebook sebelumnya.

“Siapa juga yang mau datang besok siang ke rumah makan padang Sederhana Ampera,” tulisnya.
Tak dipungkiri, Yoshua sukses mencuri perhatian dengan meme #AksiBelaIslan #166 itu.

Seperti diketahui, heboh #AksiBelaIslan diawali unggahan foto Bastian Steel yang merupakan mantan personel Coboy Junior dengan Chelsea Islan di Instagram-nya. Keduanya akrab setelah bermain bersama di film Rudy Habibie. Netizen kemudian berspekulasi mereka menjalin kasih.

Netizen lantas heboh menghujat Bastian dengan berbagai kata-kata buruk di media sosial.