Cerita Tewasnya Aktor dalam Kecelakaan di 'The Walking Dead'

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Sabtu, 15/07/2017 17:12 WIB
Cerita Tewasnya Aktor dalam Kecelakaan di 'The Walking Dead' Produksi The Walking Dead masih dihentikan sementara karena ada tragedi yang menimpa pemain penggantinya. (Courtesy amc.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produksi The Walking Dead tampaknya akan semakin lama tertunda. Itu disebabkan tragedi yang menimpa salah satu pemeran penggantinya di lokasi syuting, Rabu (12/7).

John Bernecker, salah satu pemeran pengganti di set The Walking Dead jatuh dari ketinggian lebih dari enam meter ke permukaan yang keras. Ia langsung mengalami cedera kepala serius.

Kini, baru saja diberitakan bahwa sang aktor meninggal dalam perawatan intensif di Atlanta. Petugas medis menyatakan penyebab meninggalnya adalah benturan keras. Petugas juga menegaskan bahwa meninggalnya Bernecker adalah karena murni kecelakaan.



‘Keluarga besar’ The Walking Dead pun mengucapkan belasungkawa melalui media sosial atas kejadian itu. Jeffrey Dean Morgan berkicau melalui Twitter-nya, mengucap duka cita.

“Duka cita yang mendalam hari ini, dan untuk hari-hari kemudian. Cinta, hormat, dan belasungkawa untuk keluarga John. Dia akan dirindukan selamanya,” tulisnya di Twitter.



Lauren Cohan yang sebelumnya sudah menyampaikan doanya saat Bernecker masih dirawat di rumah sakit pun kini mengucap duka cita.

“Tidak ada kata-kata yang bisa mengungkapkan kesedihan saya untuk John Bernecker dan keluarganya. Terima kasih karena telah memikirkan mereka dan berdoa untuk mereka,” tulisnya melalui akun Twitter setelah Morgan.



Bernecker dilarikan ke Atlanta Medical Center setelah menderita cedera kepala serius. Menurut kepolisian Georgia, Bernecker seharusnya memang berakting jatuh pada pukul satu siang. Namun ia terjatuh, menyebabkan otaknya lumpuh pada setengah tujuh malam.

Menurut rekannya, aktor Austin Amelio yang bekerja satu lokasi dengannya, Bernecker sempat mengatakan bahwa ia sudah biasa jatuh dari ketinggian sebelumnya. “Tapi tidak pernah setinggi ini,” ujarnya kala itu. Amelio pun mengatakan Bernecker terlihat gugup.

Saat itu, kebetulan Amelio dan Bernecker berada di satu balkon yang sama sebelum terjun.


Bernecker pun mengacungkan jempolnya, pertanda ia telah siap dan kru produksi bisa mengambil gambar.

Menurut asisten sutradara Matthew Goodwin, ia tidak melakukan ancang-ancang yang nyaman. Alih-alih melompat dan menjatuhkan diri di atas matras empuk dan tebal yang disiapkan, Bernecker justru terbanting ke bawah balkon karena ayunannya tidak tepat.

Ia lantas berpegangan pada teralis balkon. Namun, karena tubuhnya terbanting, pegangan kedua tangannya pun terlepas. Alhasil, ia mendarat di permukaan yang keras.

“Dia hanya meleset beberapa inchi [dari matras],” kata Goodwin.


Bernecker dalam kondisi setengah sadar saat dilarilan ke rumah sakit. Ia harus pakai alat bantu pernapasan, yang langsung dilepas pada keesokan harinya karena kondisinya nyaris tak tertolong. Bernecker lantas mengembuskan napas terakhir pada Sabtu (15/7).

Kabar cederanya Bernecker baru diketahui saat sang kekasih, Jennifer Cocker mengumumkan bahwa sang aktor butuh penanganan dokter ahli, melalui Facebook. Kini, Cocker kembali berbicara untuk mengatakan bahwa lokasi syuting perlu ditingkatkan keamanannya.

“Harus ada prasyarat untuk tidak menempatkan pemeran pengganti yang sangat profesional dengan aktor yang tidak berpengalaman dan tidak tahu apa yang dia lakukan,” katanya pada TMZ.


Menurut aktor di lokasi, tidak ada aktor atau pemeran pengganti yang berpengalaman. Lokasi syutingnya juga diklaim sangat aman. Saat ini, Administrasi Keamanan dan Kesehatan Kerja bersama SAG-AFTRA tengah menginvestigasi tragedi yang menimpa Bernecker di set film.

AMC selaku produser The Walking Dead memutuskan menunda produksi cerita tentang zombie atau mayat hidup itu, saat Bernecker dirawat. Hingga saat ini, apalagi setelah insiden meninggalnya Bernecker, belum ada keterangan soal kapan produksi akan dilanjutkan.

Bernecker sendiri diketahui pernah bekerja untuk 24: Legacy, Get Out, The Fate of the Furious, dan The Hunger Games: Mockingjay Part 2.