Lagu Baru EXO Dituding Jiplak Karya David Guetta

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Kamis, 20/07/2017 08:50 WIB
Lagu Baru EXO Dituding Jiplak Karya David Guetta Baru saja mencetak rekor sebagai album terlaris saat pre-order lewat 'The War', karya terbaru EXO dalam 'Ko Ko Bop' dituding menjiplak karya David Guetta. (Korea.net / Korean Culture and Information Service (Jeon Han))
Jakarta, CNN Indonesia -- EXO baru saja mengukuhkan diri jadi boyband dengan penjualan album terbanyak selama masa pre-order dengan album terbarunya, The War. Sayangnya, lagu andalan dari album itu, Ko Ko Bop dituding menjiplak tembang milik David Guetta.

Diberitakan Ace Showbiz, meski Ko Ko Bop menerima banyak pujian dari para kritikus, lagu itu disebut-sebut meniru lagu Light My Body Up dari David Guetta berkolaborasi dengan Nicki Minaj dan Lil Wayne.

Kedua lagu itu sama-sama memiliki irama bernada reggae dan juga petikan bass dengan musik elektronik. Melodi dan tempo dua lagu itu juga dianggap sama.



Netizen bahkan membandingkan kedua lagu tersebut.





Selain dari segi musik, Ko Ko Bop juga menerima kritik karena video klip yang dianggap serupa video klip boyband Korea lainnya. Video klip Ko Ko Bop diklaim menyerupai adegan video klip Sober dari Big Bang dan Run dari BTS.

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Youtube]


Walau banyak dikritik, Ko Ko Bop menunjukkan performa yang meningkat di tangga lagu 36 negara di dunia.

Sedangkan album The War langsung menempati posisi teratas iTunes di 36 negara. Padahal, album itu baru saja rilis Selasa (18/7) malam.

Agensi yang menaungi EXO, SM Entertainment menyatakan The War berhasil dijual sebanyak 807.235 kopi selama masa pre-order.


Jumlah itu mengalahkan rekor sebelumnya, yang juga dipegang oleh EXO saat penjualan pre-order album ke-tiga mereka, EX'ACT. Album yang rilis tahun lalu itu terjual 660.280 kopi.