Daftar 341 Calon Film Terbaik Piala Oscar Dirilis

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Rabu, 20/12/2017 11:18 WIB
Daftar 341 Calon Film Terbaik Piala Oscar Dirilis Ilustrasi film Dunkirk. (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dunkirk dan Wonder Woman masuk dalam daftar 341 judul yang akan bersaing meraih penghargaan Film Terbaik Piala Oscar (Academy Awards) tahun depan.  

Hal ini diketahui setelah Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) baru saja merilis daftar film-film yang memenuhi syarat untuk meraih penghargaan itu.

Berdasarkan laporan Variety, sejumlah judul lain yang diduga berpeluang besar untuk meraih posisi itu adalah Call Me By Your Name, Three Billboards Outside Ebbing, Missouri, The Post, Lady Bird, Get Out, The Shape of Water, Darkest Hour, The Florida Project, The Big Sick, dan Mudbound.



Namun tentunya, itu hanya daftar awal film-film yang memenuhi persyaratan pertama. Nantinya, masih akan ada beberapa proses lanjutan termasuk proses pemungutan suara.

Kualifikasi AMPAS sendiri mengharuskan sebuah film panjang harus tayang di bioskop komersial di Los Angeles terhitung sampai 31 Desember dengan jangka waktu minimum tujuh hari berturut-turut.

Film itu pun harus memiliki durasi lebih dari 40 menit dan harus ditayangkan dengan film 35mm atau 70mm atau dalam format digital.

Berbeda dari kategori lainnya yang memiliki lima nominasi, jumlah nominasi kategori Film Terbaik dapat berkisar lima hingga sepuluh judul dengan para pemilih yang diminta memberikan peringkat preferensi film.

Lima pemenang terakhir kategori paling bergengsi itu adalah Moonlight, Spotlight, Birdman, 12 Years a Slave, dan Argo.

Anggota AMPAS sendiri merupakan para profesional yang bergerka di dunia industri perfilman. Belakangan, AMPAS menambahkan 774 anggota baru pada Juni lalu dan menjadikan total keseluruhan mencapai lebih dari 7300 anggota.

Nominasi Academy Awards ke-90 akan diumumkan pada 23 Januari mendatang, sementara pengumuman pemenangnya akan dilangsungkan pada 4 Maret 2018 di Dolby Theatre, Los Angeles.

[Gambas:Youtube] (vws)