IU Kenang Jonghyun SHINee di Golden Disc Awards 2018

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Kamis, 11/01/2018 14:25 WIB
IU Kenang Jonghyun SHINee di Golden Disc Awards 2018 Dalam Golden Disc Awards 2018, musisi IU mengenang Jonghyun SHINee dan kesehatan mental para seniman ketika ia menerima Daesang Award di ajang itu. (Valerie Macon/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ajang penghargaan Golden Disc Awards 2018 resmi digelar kembali sejak Rabu (10/1) hingga hari ini, Kamis (11/1). Momen tersebut bukan hanya menjadi perayaan bagi musisi Korea yang mendapatkan penghargaan, namun juga jadi kesempatan mengenang sosok Jonghyun SHINee yang pergi di akhir 2017.

Pada hari pertama gelaran yang dilangsungkan di Korea International Exhibition Center (KINTEX) di Ilsan, Korea Selatan turut diramaikan penampilan bintang seperti Wanna One, BTS, BLACKPINK, IU, Red Velvet, WINNER, dan lainnya.

Hari pertama ajang yang dipandu Lee Seung Gi dan Lee Sung Kyung difokuskan pada penganugerahan atas pencapaian besar yang diraih musisi lewat rilisan digital sepanjang 2017.


Boyband Wanna One dinobatkan sebagai Artis Pendatang Baru Terbaik, serta penyanyi IU menerima penghargaan tertinggi Daesang atau setara dengan Song of the Year dalam ajang kali ini berkat Through the Night.

Dalam pidatonya, IU mengucapkan terima kasih pada semua orang yang telah membantu pencapaiannya dengan album Through the Night yang dirilis Maret tahun lalu.

"Terima kasih untuk semua orang yang terus mencintainya selama empat musim terakhir. Sejak saya menerima demo, dan saat saya menulis liriknya dan menggarapnya, saya merasa sangat beruntung karena lagu ini datang untuk saya. Karena sudah membuat saya beruntung sampai akhir, saya sangat bersyukur dengan album Through the Night," katanya mengawali.

[Gambas:Youtube]

Dia kemudian berbicara tentang kesedihannya pasca kepergian personel SHINee, Jonghyun, dan mengungkapkan harapan untuk semua musisi.

"Sejujurnya, saya masih sangat sedih. Saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang sangat berharga bagi saya sebagai seniman, teman, dan seorang musisi," kata IU.

"Saya rasa saya mengerti sampai seberapa sulit dan menyakitkan bagi dia, dan karena ini bukanlah rasa yang biasa saya alami, saya masih merasa sangat sedih dan menyesal," lanjutnya. "Saya pikir banyak orang selain hanya saya yang juga sedih."


Ia juga menyampaikan pesan akan kesadaran kesehatan mental dan memperhatikan kondisi diri. Pun, IU memberikan pesan khusus kepada para seniman yang tanpa lelah menghasilkan karya menghibur bagi para penggemarnya.

"Secara khusus, sebagai seniman, kita adalah orang-orang yang menghibur orang lain, dan itu bagus memiliki pola pikir profesional," kata IU.

"Namun saya sangat berharap tidak ada yang menjadi lebih sakit dan sakit hati setelah tidak lebih dahulu mengutamakan atau menghibur diri sendiri, dan tidak menunjukkan apa yang dirasakan," lanjutnya.

"Anda telah sibuk hari ini dan akan sibuk lagi besok, jadi meski Anda mungkin tidak memiliki cukup waktu, saya berharap orang-orang yang menang hari ini akan merayakan dan menikmati hari ini sepenuhnya dan kemudian tidur nyenyak. Saya juga akan melakukannya. Terima kasih!" tutup IU pada pidato kemenangannya.

[Gambas:Youtube]

Pada hari kedua yang dipandu Kang So Ra dan Sung Si Kyung gelaran Golden Disc Awards ke-32 nanti, dijadwalkan akan fokus pada penganugerahan berdasarkan rilisan fisik.

Golden Disc Awards merupakan ajang penghargaan yang digelar sejak 1986. Ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Industri Musik Korea ini ditujukan untuk mengapresiasi prestasi luar biasa industri musik di Korea Selatan.

Mulanya, ajang ini dikenal dengan sebutan Korea Visual and Records Grand Prize Award yang kemudian diganti menjadi Golden Disc Awards pada 2001.


Berikut daftar lengkap pemenang Golden Disc Awards hari pertama, Rabu (10/1):

Band Rock Terbaik: Hyukoh
Artis Pendatang Baru Terbaik: Wanna One
Musisi R&B/Soul Terbaik: Suran
Grup Musik Wanita Terbaik: GFRIEND
Grup Musik Pria Terbaik: BTOB
Bonsang [Best Artists]: BLACKPINK, Heize, Bolbbalgan4, Akdong Musician, TWICE, BIGBANG, WINNER, Yoon Jong Shin, Red Velvet, IU, BTS
Daesang [Song of the Year]: IU (end)