'Peter Rabbit' Dipetisi karena Adegan Alergi

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Senin, 12/02/2018 14:36 WIB
'Peter Rabbit' Dipetisi karena Adegan Alergi Kelinci-kelinci 'Peter Rabbit' dianggap mem-bully salah satu karakter. (Dok. Sony Pictures Entertainment via youtube.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film Peter Rabbit baru juga tayang di bioskop. Namun ia sudah mendapat ancaman boikot, terutama dari kalangan orang tua, di media sosial. Gara-garanya sederhana, mereka memprotes cara Peter Rabbit memperlakukan seorang karakter dengan alergi makanan tertentu.

Karakter itu bernama Tom, keponakan dari musuh Peter Rabbit, Mr. McGregor. Tom rupanya punya alergi terhadap blackberry. Namun ia justru diolok-olok atas alerginya itu.

Ada satu adegan di mana kelinci-kelinci melemparinya dengan blackberry. Salah satunya kena bagian mulut, yang jelas langsung membuatnya alergi. Ia tergagap karena syok anafilaktis-reaksi alergi yang dianggap sebagai kondisi medis darurat. Wajahnya pun berubah merah.



Setelah beberapa detik, baru Tom berhasil mengatasi itu dengan menyuntikkan EpiPen ke tubuhnya sendiri. Itu adalah injektor untuk mengatasi alergi secara darurat.

Menurut Allergy UK, seperti dikutip dari Fox News, mengolok-olok seseorang yang punya alergi, apalagi sampai membuat mereka mengalami syok anafilaktis, bukanlah suatu tindakan yang bertanggung jawab. Itu bahkan disebut sama saja seperti perundungan.

CEO Allergy UK Carla Jones mengatakan, "Syok anafilaktik itu bisa membunuh. Menyertakan adegan di sebuah film anak-anak yang menampilkan reaksi alergi serius dan tidak melakukannya dengan bertanggung jawab, itu tidak bisa diterima. Seperti bullying."

[Gambas:Youtube]

Ia mengaku akan mencoba menghubungi rumah produksi yang membuat film itu dan memintanya untuk ditarik. Boikot film itu bahkan sudah punya tagar sendiri di Twitter. Mereka yang geregetan, mengunggah ke media sosial dengan tagar #boycottpeterrabbit.

Mereka yang khawatir akan efek film itu, mencoba memperingatkan para orang tua.

"Alergi makanan itu serius, kita harus mengedukasi anak-anak untuk peduli dan menghormati #FoodAllergies #Bullying," tulisa salah satu netizen dengan akun @HelenPorter1853.





Sudah ada pula petisi yang meminta Sony Pictures, rumah produksi yang membawahi Sony Animation pembuat Peter Rabbit, untuk meminta maaf atas adanya adegan bullying itu.

"[Adegan] itu mengejek penyakit alergi yang serius dan secara menyedihkan tidak menghormati keluarga-keluarga yang pernah kehilangan orang tercintanya karena anafilaksis," demikian petisi itu berbunyi. Ia sudah melebihi 7.000 tanda tangan.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Sony Pictures. James Corden yang mengisi suara Peter Rabbit pun belum berkomentar.

(rsa)