'Infinity War' Pecah Rekor Box Office Debut Terbesar di Dunia

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Senin, 30/04/2018 08:43 WIB
'Infinity War' Pecah Rekor Box Office Debut Terbesar di Dunia Kekuatan infinity stone membuat 'Avengers: Infinity War' jadi film dengan box office pembukaan terbesar dalam sejarah dunia, meraup Rp8,9 T secara global. (Dok. Walt Disney Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Thanos tak terkalahkan. Kekuatan infinity stones yang ia miliki sukses mengalahkan para superhero Marvel sekaligus mengangkat film Avengers: Infinity War memecahkan rekor box office film dengan pembukaan terbesar dalam sejarah dunia.

Film ke-19 Marvel Cinematic Universe tersebut menghempas bukan hanya pasar domestik Amerika Utara dengan pendapatan pembukaannya, namun juga global.

Avengers: Infinity War tercatat berhasil membukukan pembukaan debut akhir pekan sebesar US$650 juta atau lebih dari Rp8,9 triliun dari pasar global, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh The Fate of the Furious dengan US$541,9 juta.



Angka fantastis tersebut masih belum termasuk dari pasar terbesar Hollywood, China yang baru akan menikmati Infinity War pada Mei nanti.

Dari angka fantastis tersebut, berdasarkan data Box Office Mojo, sumber terbesar pendapatan Infinity War datang dari pasar internasional sebesar US$380 juta.

Sedangkan di pasar domestik Amerika Utara, Infinity War juga memecahkan rekor sebagai film dengan pembukaan terbesar dalam sejarah kawasan tersebut. Seperti prediksi sebelumnya, Infinity War sukses menembus angka pendapatan awal US$250 juta.


Dengan angka pembukaan domestik tersebut, Infinity War berhasil mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Star Wars: The Force Awakens dengan pendaparan US$247,9 juta.

Secara umum, pendapatan pembukaan fantastis ini menjamin keuntungan besar bagi Marvel Studios sebagai produsen dan Walt Disney selaku distributor. Avengers: Infinity War tercatat dibuat dengan dana US$300-400 juta.

Infinity War juga menjadi capaian fantastis Marvel berikutnya setelah sukses dengan Black Panther. Film negeri Wakanda itu berhasil mengumpulkan box office lebih dari US$1,3 miliar atau lebih dari Rp18,4 triliun.

Bahkan, Black Panther masih bertahan di jajaran box office Amerika Utara dengan duduk di nomor lima. Film itu masih mampu mengumpulkan US$4,3 juta.

[Gambas:Video CNN]

Sementara Avengers: Infinity War tak tergoyahkan di puncak pasar box office domestik Amerika Utara, film A Quiet Place masih bertahan di posisi dua dengan pendapatan US$10,6 juta pada pekan ini.

Kemampuan bertahan film minim dialog A Quiet Place tersebut membantunya mengumpulkan pendapatan domestik sebesar US$148 juta dan US$87,2 juta dari pasar internasional.

Film I Feel Preety menempati posisi tiga di jajaran box office Amerika Utara dengan US$8,1 juta, sedangkan Rampage yang dibintangi Dwayne Johnson harus legawa berada di posisi empat dengan US$7,1 juta, seperti data Box Office Mojo. (end)