Syuting 'John Wick 3' Cecep Arif Rahman Tak Ganggu 'Gundala'

Agniya Khoiri, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 20:35 WIB
Syuting 'John Wick 3' Cecep Arif Rahman Tak Ganggu 'Gundala' Cecep Arif Rahman segera pergi ke AS untuk syuting 'John Wick 3.' (Rizky Sekar Afrisia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Cecep Arif Rahman telah mengumumkan keterlibatannya dalam film John Wick: Chapter 3 di New York, AS. Ia mengabarkan berangkat ke Negeri Paman Sam pada Minggu (10/6) kemarin dan akan kembali ke Jakarta awal Juli mendatang.

Kepergian Cecep ini turut meninggalkan tanya soal nasib film Gundala. Pasalnya, aktor berusia 45 tahun ini menjadi tim koreografi dalam film yang diadaptasi dari komik karya Harya Suraminata atau dikenal Hasmi.

Joko Anwar selaku sutradara film jagoan Indonesia itu mengonfirmasi kepada CNNIndonesia.com saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (11/6), bahwa kepergian Cecep ke AS untuk sementara waktu tidak mengganggu persiapan produksi film tersebut.



"Kebetulan syuting film John Wick 3 yang melibatkan Kang Cecep Arif Rahman tidak mengganggu persiapan Gundala. Karena memang sudah jauh-jauh hari kami sudah berkoordinasi soal jadwal syuting John Wick 3. Apalagi diam-diam Gundala sudah mulai persiapan sejak 3 bulan yang lalu," katanya.

Terlebih, menurut Joko, koreografi laga yang dikerjakan oleh Cecep bersama dengan Andrew Sulaiman sudah hampir selesai dan berjalan lancar latihannya dengan para pemain.

"Kebetulan kepergian Kang Cecep juga bersamaan dengan libur Lebaran. Jadi semuanya pas," lanjut Joko sembari membubuhkan emoji tersenyum.


Sejauh ini, Joko mengungkapkan bahwa produksi film Gundala telah memasuki tahap reading dan rehearsal. Soal pemain, menurut sutradara yang juga mengarahkan film Pengabdi Setan ini, masih belum bisa diumumkan.

Namun, ia memastikan bahwa Cecep dan Andrew Sulaiman selain sebagai koreografer laga juga akan terlibat dalam lakon Gundala.

"[Selengkapnya] segera," kata Joko.

Gundala merupakan karakter ikonis ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali dalam komik Gundala Putra Petir pada 1969.


Komik bergenre fantasi ini sangat dipengaruhi oleh cerita pahlawan super Amerika Serikat untuk desain dan jenis kekuatan, yakni The Flash ciptaan Gardner Fox dari DC Comics.

Pada 2005 silam, dalam sebuah wawancara, Hasmi pernah menyebut bahwa ide kekuatan Gundala yang berupa petir didapatnya dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Sela, yang diceritakan bisa menangkap petir.

Hasmi mengambil latar tempat di Yogyakarta dan kearifan Indonesia di alur ceritanya untuk komik Gundala. Namun, film Gundala  Putra Petir (1982) yang disutradarai Lilik Sudjio berlatar di Jakarta. Film ini dibintangi oleh Teddy Purba, Ami Prijono dan W.D. Mochtar.

Syuting film Gundala direncanakan akan dimulai pada akhir Agustus mendatang.

(asa)