Kata 'Instagram' dan 'Iftar' Masuk Kamus Merriam-Webster

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/09/2018 04:54 WIB
Kata 'Instagram' dan 'Iftar' Masuk Kamus Merriam-Webster Ilustrasi. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemajuan zaman semakin pesat. Semakin banyak pula kreasi yang diciptakan, salah satunya dalam hal bahasa.

Dikutip dari CNN International pada Rabu (19/9), kamus Merriam-Webster menambahkan sebanyak 840 kata baru dalam daftarnya.

Ratusan kata tersebut berupa kata yang sehari-hari diucapkan dan cenderung tidak baku, namun populer di dunia.


Beberapa netizen yang membalas cuitan informasi Merriam-Webster mengatakan kalau kata-kata tersebut "dilahirkan" oleh kaum milenial.

Bagi pecinta bahasa, ratusan kata-kata yang masuk dalam daftar kamus Merriam-Webster ini tentu saja membuat dahi berkerut.

Sejumlah kata yang masuk dalam daftar ialah; rando, adobrs, fav, mocktail, Instagramming, airplane mode, dan force quit.

Kata-kata singkatan juga ikut masuk dalam daftarnya, seperti hangry (hungry + angry) dan TL;DR (too long; didn't read).

Kata iftar (puasa), gochujang (saus pedas Korea), guac (guacamole), marg (margarita) dan avo (alpukat), juga ikut masuk di dalamnya karena semakin banyak orang yang mengucapkannya, meski sebelumnya kata-kata tersebut hanya populer di beberapa negara.

"Penambahan kata baru adalah bagian dari perjalanan selama perkembangan bahasa dunia," tulis pihak Merriam-Webster dalam keterangan resminya.

"Kata-kata ini masuk dalam daftar karena telah menjadi kata yang umum diucapkan di dunia," lanjutnya.



(ard)