HBO Respons Pidato 'Game of Thrones' Jokowi dengan Meme

CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 20:00 WIB
HBO Respons Pidato 'Game of Thrones' Jokowi dengan Meme Melalui meme berwajah Jokowi, HBO memberikan respons atas pidato sang presiden yang menganalogikan kondisi ekonomi dengan 'Game of Thrones'. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pidato Presiden Joko Widodo yang menganalogikan kondisi ekonomi dengan 'Game of Thrones' di hadapan para hadirin dan undangan acara tahunan International Monetary Fund (IMF-WB), Jumat (12/10), mendapatkan respons berbagai pihak, termasuk HBO.

HBO selaku saluran yang menayangkan serial fantasi tersebut mengungkapkan tanggapan mereka melalui unggahan di media sosial dan meme yang menggambarkan Jokowi.

Melalui akun HBO Asia, HBO memberikan tanggapan sembari menyertakan meme figur berjubah bulu yang bagian wajahnya diganti wajah Jokowi.



Pun meme itu disertai kalimat "Bersiaplah, musim dingin akan datang" yang merupakan terjemahan dari "winter is coming" yang jadi slogan 'Game of Thrones' musim delapan sebagai babak terakhir.

"Yeah, kami juga tak sabar menanti season 8, Pak Presiden," kata HBO dalam unggahan tersebut.



Netizen pun membalas respons HBO tersebut dengan berbagai tanggapan.





















Secara garis besar Game of Thrones bercerita tentang perebutan takhta dalam benua bernama Westeros yang dipimpin satu kerajaan besar.

Pemegang kekuasaan kerajaan bisa berganti, namun singgasana tidak bisa berganti. Singgasana itu terbuat dari ribuan pedang yang ditempa dengan api naga sehingga The Iron Throne.

Setiap kerajaan, disebut House, yang memegang kekuasaan The Iron Throne bertugas memerintah tujuh wilayah Westeros. Agar mudah memerintah, pada setiap wilayah ditunjuk satu Great House untuk memerintah kerajaan-kerajaan kecil di wilayahnya.


Sementara itu, mengacu pada musim GoT yang akan datang, ada ancaman dari wilayah paling Utara yang disebut Beyond The Wall semakin dekat.

Ancaman itu berupa musim salju berkepanjangan yang membawa pasukan mati atau disebut Wights. Wights diperintah oleh White Walker dan Night King. Manusia yang disentuh White Walker atau Night King akan berubah menjadi Wights.

Setiap House di GoT memiliki slogan. Winter Is Coming adalah slogan dari House Stark yang merupakan kepala wilayah Utara atau disebut Warden of The North.

House Stark merupakan salah satu House yang paling idealis. Namun mereka tak pandai berpolitik sehingga sering kali menjadi permainan House lain.

[Gambas:Youtube]

Bukan sekadar slogan, Winter Is Coming juga berarti peringatan akan ancaman. House Stark berada di wilayah Utara, dengan begitu mereka menjadi salah satu House yang pertama tahu bahwa musim salju sudah datang.

Musim salju bukanlah musim yang membahagiakan di GoT. Pasalnya kurun waktu musim salju tidak jelas dan sulit diprediksi, bahkan sempat diceritakan musim salju berlangsung selama sembilan tahun. (end)