BTS Cetak Tiga Rekor Sekaligus dalam 1 Hari

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/11/2018 17:10 WIB
BTS Cetak Tiga Rekor Sekaligus dalam 1 Hari Tahun 2018 tampaknya menjadi tahun gemilang bagi BTS. (Foto: Courtesy bts.ibighit.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband BTS baru saja menegaskan takhta popularitas mereka dengan meraih tiga rekor baru dalam satu hari sekaligus. Tiga rekor tersebut terkait raihan penonton video musik mereka di Youtube dan capaian baru album mereka.

Lewat video musik DNA, boyband asuhan Big Hit Entertainment ini mampu menjadi boyband pertama yang ditonton lebih dari 550 juta pengguna YouTube. Angka fantastis ini mereka raih hanya dalam waktu 1.2 tahun atau 427 hari.


DNA merupakan hit andalan mini album BTS bertajuk Love Yourself: Answer. Sebelumnya, video musik lagu yang rilis pada 2017 silam ini memang telah memegang rekor video musik boyband Korea Selatan yang paling banyak ditonton. Pada April silam, jumlah penonton masih berjumlah 350 juta dan ternyata masih terus berkembang hingga mencapai angka 550 juta.


Album Love Yourself: Answer ini juga telah memperoleh sertifikasi emas dari The Recording Industry Association of America (RIAA) bersamaan dengan lagu IDOL pada Februari silam. Album serta lagu ini berhasil mencapai angka rilis sebanyak 500.000 unit di Amerika Serikat.

Tak hanya menawarkan visual para anggota, BTS memang dikenal dengan lagu yang 'earcatch' dan tarian yang berkonsep matang. Hal ini yang nampaknya mengantarkan BTS ke puncak popularitas hingga mampu meraih sertifikasi lainnya dari RIAA yakni sertifikasi platinum atas single mereka MIC Drop.

[Gambas:Youtube]

Dalam situs RIAA, lagu MIC Drop telah diakses satu juta unit per 9 November lalu. Jumlah ini didapat dari hitungan satu unduhan digital permanen terhitung satu dan 150 pengaksesan video/audio secara daring akan terhitung satu unit.

Raihan ini membawa BTS sebagai boyband pertama Korea Selatan yang mencapai standar sertifikasi emas dan platinum RIAA. Pada 2013 silam, penyanyi PSY merupakan artis Korea pertama yang mendapat sertifikasi RIAA.

Jika dapat disimpulkan, album Love Yourself: Answer merupakan album pertama artis Korea Selatan yang mendapat sertifikasi emas. Sementara, IDOL menjadi single keempat BTS yang menerima sertifikasi emas setelah single MIC Drop, DNA, dan Fake Love. (dna/rea)