Kasus Korupsi, Leonardo DiCaprio Kembalikan Piala Oscar

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Rabu, 12/12/2018 11:03 WIB
Kasus Korupsi, Leonardo DiCaprio Kembalikan Piala Oscar Leonardo DiCaprio diminta paksa mengembalikan beberapa hadiah gratifikasi terkait kasus korupsi 1MDB, termasuk Piala Oscar. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Leonardo DiCaprio harus merelakan beberapa barang berharga yang dimilikinya, termasuk sebuah Piala Oscar dan lukisan Pablo Picasso. Itu berhubungan dengan skandal korupsi 1MDB yang melibatkan pebisnis asal Malaysia, Jho Low.

Low sempat memberikan beberapa hadiah kepada DiCaprio, termasuk sebuah Piala Oscar bekas kemenangan Marlon Brando pada 1954. Brando memenangi piala Aktor Terbaik itu berkat perannya dalam film On the Waterfront.

Low mendapatkan piala itu dari pelelangan, dengan harga US$600 ribu atau setara dengan sekitar Rp8,75 miliar. Piala itu sekarang ada di tangan agen federal. Demikian pula dengan lukisan Picasso yang juga merupakan hadiah dari Low, seperti diberitakan Ace Showbiz.

Kasus yang melingkupi Low hingga saat ini masih diinvestigasi. Hubungannya dengan DiCaprio terbilang dekat karena ia merupakan pembiaya film The Wolf of the Wall Street (2013).

Nama DiCaprio sudah lama dikaitkan dengan kasus 1MDB yang juga melibatkan anak Najib Razak, mantan Perdana Menteri Malaysia. Sebab uang yang dipakai Low dan DiCaprio memproduksi The Wolf of the Wall Street diduga berasal dari skandal 1MDB.

DiCaprio sendiri menjadi pemeran utama sekaligus produser dalam film itu.

Dua tahun lalu, DiCaprio menegaskan dirinya akan mengembalikan semua uang maupun hadiah yang diterimanya dari uang yang diduga berasal dari korupsi. Tak sedikit pula lembaga yang mendorong itu, termasuk pemerintah AS dan yayasan Bruno Manser Fonds.



Ia bahkan diminta mengembalikan honornya saat membintangi The Wolf of the Wall Street sebesar US$25 juta. DiCaprio juga sempat diminta mundur dari jabatannya sebagai Duta PBB untuk lingkungan hidup yang fokus pada perubahan iklim.

Sementara itu, Low yang menjadi pendiri Red Granite Pictures, produsern The Wolf of the Wall Street, menjadi buron. (rsa)