'Black Panther' Masuk Daftar Film Favorit Barack Obama

Rizky Sekar Afrisia, CNN Indonesia | Sabtu, 29/12/2018 07:35 WIB
'Black Panther' Masuk Daftar Film Favorit Barack Obama Barack Obama membagi daftar buku, musik dan film favoritnya sepanjang 2018. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barack Obama melalui 2018 dengan santai setelah tak lagi menjadi Presiden Amerika Serikat. Ia banyak mendengarkan lagu, menonton film bahkan membaca buku.

Obama baru saja mengungkapkan daftar lagu, film dan buku favoritnya sepanjang tahun.

"Tahun 2018 hampir berakhir. Saya melanjutkan tradisi favorit saya, membagi daftar akhir tahun. Itu membuat saya berhenti sejenak dan berefleksi tentang setahun ke belakang melalui buku, film dan musik yang saya pikir menggugah, menginspirasi, atau yang sekadar saya sukai," ia menulis dalam akun Instagram-nya beberapa waktu lalu.



'Tradisi' akhir tahun itu juga membuatnya mengapresiasi penulis, seniman dan pencerita yang menurutnya bertalenta. Beberapa dari mereka terkenal, tapi ada pula yang 'baru.'

"Inilah daftar terbaik 2018 saya. Saya harap kalian menikmatinya."

Obama menyuguhkan sederet lagu favorit, termasuk Apes**t dari The Carters. Ia juga menyelipkan lagu Chance the Rapper, My Own Thing yang dinyanyikan bersama Joey Purp.

"Dan untuk menghormati penyanyi jazz terbaik sepanjang masa yang meninggal tahun ini, [saya juga mendengar] album klasik The Great American Songbook oleh Nancy Wilson.

[Gambas:Instagram]

Sementara untuk film, ia memasukkan film baru Roma dan Shoplifters yang belakangan banyak dibicarakan. Black Panther juga menjadi film favoritnya. Demikian pula Annihilation dan BlacKkKlansman yang juga masuk dalam daftar kritikus film Afrika-Amerika.

Blindspotting juga ada dalam daftar Obama.

Sementara untuk buku favorit, Obama menulis Becoming di urutan pertama. Itu adalah buku tulisan istrinya, Michelle Obama yang fenomenal. "Jelas favorit saya," Obama mencatat.


Ia dan Michelle memang sama-sama menulis buku. Milik Michelle terbit lebih dahulu.

Obama juga membaca buku Nelson Mandela, Long Walk to Freedom.

Immigrant, Montana karangan Amitava Kumar juga masuk dalam daftarnya. Demikian pula American Prison karya Shane Bauer. Ia juga membaca The World As It Is oleh Ben Rhodes. (rsa)