Spike Lee Raih Piala Oscar Pertama Usai 30 Tahun Berkarier

Tim, CNN Indonesia | Senin, 25/02/2019 11:11 WIB
Spike Lee Raih Piala Oscar Pertama Usai 30 Tahun Berkarier Foto: Emma McIntyre/Getty Images for The Critics' Choice Awards/AFP
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah lebih dari tiga dekade berkarier dan masuk nominasi Academy Awards berkali-kali, kali ini Spike Lee berhasil membawa pulang piala Oscar pertamanya lewat kategori Best Adapted Screenplay.

Dia membawa pulang piala Oscar setelah film yang ia juga ikut tulis, BLACKkKLANSMAN berhasil memenangkan kategori tersebut.

Kala maju ke panggung Oscar, Lee disambut dengan standing ovation dari seluruh undangan di Dolby Theatre. Begitu tiba di atas panggung, Lee langsung memeluk erat pembaca pemenang, Samuel L Jackson.



Dalam pidato kemenangannya, Lee berterima kasih kepada leluhurnya yang ikut membangun Amerika Serikat dan menyerukan aksi politik.

Spike Lee Raih Piala Oscar Pertama Usai 30 Tahun BerkarierSpike Lee memeluk Samuel L Jackson. (REUTERS/Mike Blake)

"Pemilu presiden 2020 sudah dekat," kata Lee. "Mari semuanya bergerak. Mari kita semua berada di sisi sejarah yang benar. Buat pilihan moral antara cinta dan kebencian,"

"Ayo lakukan yang benar!" kata Lee.

Spike Lee ikut menggarap dan menulis BLACKkKLANSMAN yang mengisahkan detektif kulit hitam yang berusaha untuk menyusup ke kelompok rasial Ku Klux Klan.


Berkat film tersebut, Spike Lee berhasil menembus kategori utama Oscar, yaitu Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Untuk kategori sutradara, Lee harus kalah dari Alfonso Cuaron.

Nominasi itu menjadi capaian luar biasa sekaligus yang pertama bagi Lee, karena dia sebelumnya hanya memiliki nominasi skenario asli terbaik untuk film Do the Right Thing (1989) serta dokumenter panjang terbaik untuk 4 Little Girls (1997).

Berdasarkan catatan, setidaknya ada sekitar 35 judul film yang sudah digarap Lee sejak terjun ke industri film pada awal 1980-an. (end)