'Green Book' Dulang Penonton Usai Menang Oscar

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 05/03/2019 13:16 WIB
'Green Book' Dulang Penonton Usai Menang Oscar Film 'Green Book' bisa mengucapkan terima kasih kepada para juri Oscar 2019. Setelah menyabet gelar Best Picture, film ini mendulang penonton. (dok. Universal Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film 'Green Book' bisa mengucapkan terima kasih kepada para juri Oscar 2019. Setelah menyabet gelar Best Picture, film ini mendulang penonton.

Dilaporkan Variety, usai membawa pulang kategori tertinggi ajang bergengsi perfilman tersebut, edisi penayangan ulang 'Green Book' di Amerika Utara menghasilkan US$4,7 juta atau sekitar Rp66,4 miliar.

Film yang membawa pulang piala Oscar kategori Best Supporting Actor untuk Mahershala Ali dan Best Original Screenplay tersebut ditayangkan di lebih dari 2.600 lokasi di pasar domestik.


Angka tersebut meningkatkan pendapatan secara drastis, sebesar 121 persen dari membuat film ini mengamankan posisi kelima di pasar box office Amerika Utara di pekan ke-16 penayangannya.


Di pasar internasional, 'Green Book' juga menuai hasil. Film ini mendapatkan tambahan cuan sebesar US$31,9 juta dari 64 pasar asing. Di China sendiri, film ini memulai debut dengan pendapatan US$17,1 juta.

Pola yang sama terjadi ketika pertama kali tayang pada November lalu.

Berkat 'Green Book', Mahershala Ali mendapatkan Oscar.Berkat 'Green Book', Mahershala Ali mendapatkan Oscar. (REUTERS/Mike Blake)

'Green Book' semula mendapatkan performa penjualan tiket yang lambat saat pertama kali rilis. Namun terjadi pertambahan signifikan seiring dengan pujian serta kemenangan di berbagai ajang penghargaan film.

Kini, film yang diproduksi oleh Participant Media dan DreamWorks tersebut telah mendulang US$75 juta di Amerika Utara dan US$112 juta di pasar internasional.


Diberitakan Variety, bukan hanya 'Green Book' yang mendulang untung dari kemenangan di Oscar 2019. Film animasi 'Spider-Man: Into the Spider-Verse' yang meraih Best Animated Film juga mengalami hal serupa.

Film Sony Pictures ini mengantongi US$2,1 juta dari 2.404 lokasi di Amerika Utara. Angka itu menambah pendapatan film ini sebelumnya, US$360 juta secara global, termasuk US$187 juta di pasar domestik Amerika Utara.

Begitu pula dengan 'A Star Is Born'. Film yang meraih piala Oscar untuk kategori Best Original Song melalui 'Shallow' ini mendapatkan tambahan pendapatan US$1,8 juta dari 1.150 lokasi di pasar domestik.

[Gambas:Video CNN] (end)