Dengan Rp1 Kuadriliun, Disney Resmi Akuisisi Fox Hari Ini

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 11:32 WIB
Dengan Rp1 Kuadriliun, Disney Resmi Akuisisi Fox Hari Ini Disney resmi membeli Fox, termasuk Deadpool di dalamnya. (Ilustrasi/REUTERS/Paul Hackett)
Jakarta, CNN Indonesia -- Disney telah resmi membeli mayoritas aset dan waralaba Fox. Dilaporkan, 'rumah' bagi Mickey Mouse dan kawan-kawan itu mengeluarkan US$71 miliar atau sekitar Rp1 kuadirilun untuk 'mencaplok' aset yang memayungi film seperti Deadpool dan X-Men.

Berdasarkan siaran pers Disney, Fox resmi di bawah mereka per hari ini, Rabu (20/3).

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami. Momen yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan dan klien kami," ujar CEO Disney, Robert Iger dalam pernyataan resmi di siaran pers yang diberikan pada media.



Ia melanjutkan, mengombinasikan Disney dan 21st Century Fox, termasuk ide-ide kreatif mereka, menjanjikan hal yang bisa membuat mereka jadi nomor satu di industri hiburan.

Mengutip GameSpot, detail yang dibeli Disney dari Fox termasuk: 20th Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, Fox Animation, 20th Century Fox Television, FX Productions, Fox21, FX Networks, National Geographic Partners, Fox Networks Group International, Star India, saham Fox di Hulu, Tata Sky dan Endemol Shine Group.

Setelah diakuisisi, Fox akan tetap mengudara namun lebih terbatas.


Nantinya mereka akan membuat unit lepas yang melanjutkan produksi Fox News Channel, Fox Business Network, Fox Broadcasting Company, Fox Sports dan Fox Televisions Stations Group.

Sebelum mengakuisisi Fox, Disney sudah lebih dahulu membeli LucasFilm seharga US$4,05 miliar atau sekitar Rp56,8 triliun. Dengan membeli LucasFilm dari George Lucas yang dikenal sebagai 'bapak' Star Wars, Disney punya hak atas Star Wars dan Indiana Jones.

Pada 2009 Disney juga membeli Marvel Entertainment seharga US$4 miliar atau Rp56 triliun, yang membuatnya punya hak atas pahlawan super bikinan perusahaan komik itu, kecuali yang sudah dibeli studio lain seperti Spider-Man di Sony dan X-Men serta Deadpool di Fox.

Kini setelah Fox diakuisisi, artinya kini pahlawan super Marvel yang 'tercecer' dari Disney tinggal Spider-Man yang haknya masih dimiliki Sony Pictures. (rsa)