BTS Ungkap Alasan Tak Bernyanyi dengan Bahasa Inggris

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 29/03/2019 23:45 WIB
BTS Ungkap Alasan Tak Bernyanyi dengan Bahasa Inggris Bagi BTS, menembus pasar dunia seperti Amerika Serikat tak melulu mesti menyanyi dengan bahasa Inggris. (Rich Fury/Getty Images for The Recording Academy/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband BTS telah berhasil menorehkan kesuksesan di kancah musik dunia tanpa perlu bernyanyi dalam berbahasa Inggris. Dalam wawancara terbaru dengan Entertainment Weekly, boyband asal Korea Selatan itu buka suara soal alasan mereka tetap setia dengan akar musiknya, K-Pop.

Menurutnya, hal itu demi mempertahankan budaya yang telah mereka kenal sejak lahir.

"Kami tidak ingin mengubah identitas atau keaslian kami untuk mendapatkan yang nomor satu," kata RM, pentolan grup tersebut.


Dia melanjutkan, "Seperti jika kami tiba-tiba bernyanyi dalam bahasa Inggris penuh dan mengubah semua hal, maka itu bukan BTS. Kami akan melakukan segalanya dan mencoba. Tetapi jika kami tidak bisa mendapatkan nomor satu atau lima, ya tidak apa-apa."


Suga menambahkan bahwa yang terpenting bagi mereka yakni membuat musik serta menampilkan pertunjukan yang baik. Dengan menyatukan dua elemen itu, dia merasa karyanya dapat tersampaikan dengan baik.

Lagu penuh berbahasa Inggris memang bukan satu-satunya jalan bagi musisi untuk meraih kesuksesan. Hal itu telah dibuktikan oleh musisi Latin Luis Fonsi dan Daddy Yankee yang berhasil menjadi lagu hit musim panas 2017 berkat Despacito. Lagu itu bahkan berhasil meraih nominasi Grammy untuk kategori Song of the Year.

DJ Internasional Steve Aoki pun sepakat bahwa lagu berbahasa Inggris bukan syarat wajib untuk meraih kesuksesan global.

"[Musik] tidak harus berbahasa Inggris untuk menjadi fenomena global," katanya kepada TIME.

BTS sendiri pun yakin bahwa mereka bisa menghadapi perjuangan yang berat dengan memilih untuk tetap berpegang pada budaya Korea.


"Kau tahu, pop Latin memiliki kategori Grammy sendiri di Amerika, dan itu sangat berbeda," kata RM.

"Saya tidak ingin membandingkan, tetapi saya pikir ini lebih sulit ketika menjadi grup Asia. [Bisa masuk] ke Hot 100 dan nominasi Grammy adalah tujuan kami."

BTS saat ini diketahui tengah mempersiapkan untuk perilisan album barunya 'Map of the Soul: Persona' akan dirilis secara global pada 12 April 2019 dan turut ditandai dengan penayangan perdana lagu baru BTS di acara komedi Amerika Serikat "Saturday Night Live" pada hari berikutnya.

Album itu sendiri akan menjadi rilisan pertama BTS setelah melengkapi trilogi 'Love Yourself' pada Agustus lalu.

[Gambas:Youtube] (agn/end)