'ARMY' Marah, Klip Youtube BTS Berkurang 10 Juta 'View'

eks, CNN Indonesia | Minggu, 14/04/2019 00:47 WIB
'ARMY' Marah, Klip Youtube BTS Berkurang 10 Juta 'View' Youtube mendapat protes karena jumlah 'view' dari video klip anyar BTS di platformnya tiba-tiba berkurang (Dok. ibighit via youtube.com [ibighit])
Jakarta, CNN Indonesia -- Tagar #YouTubeGiveUsOur10MillionBack menjadi topik terpopuler dunia di Twitter sejak satu jam terakhir. Tagar ini menjadi populer setelah video klip "Boy with Luv" milik kelompok band asal Korea Selatan, BTS, tiba-tiba mengalami perubahan angka di Youtube

Tagar ini mulai merayap topik populer dunia sejak dua jam terakhir. Topik ini juga menjadi salah satu topik populer di Indonesia, menyelip di antara topik populer seputar debat capres 2019.

Masalah perubahan angka tontonan video klip ini diributkan netizen karena Youtube melakukan pengurangan angka yang cukup signifikan. Awalnya video ini telah ditonton 90 juta kali, namun angka itu tiba-tiba berubah menjadi sekitar 80 ribu tontonan, sepeti dicuitkan akun @Cherlyn973.

"#YouTubeGiveUsOur10MillionBack, saya sedang senang-senangnya streaming (video BTS) tapi tiba-tiba 10 juta menghilang, apakah Anda bercanda"




Akun @Bts_little_army juga memberikan tangkapan layar bagaimana angka tontonan video klip BTS itu tiba-tiba tersunat.

"Apa yang kamu lakukan Youtube? #YouTubeGiveUsOur10MillionBack"



Para penggemar BTS yang dikenal dengan sebutan Army juga banyak yang memprotes dengan nada marah, seperti dicuitkan @jooniesheart.



Warganet lain mencuit marah kalau kali ini para Army akan bertindak. Mereka akan menuntut Youtube yang dianggap sudah mengurangi jumlah tontonan video klip itu secara sepihak. Padahal para penggemar BTS telah bekerja keras untuk video klip idola mereka.





"Kami sudah bekerja keras siang malam, ini tidak adil. Jika kamu memang tidak menghapus view, tolong kembalikan 10 juta viws kami," cuit akun @snowberrytae.



Youtube pun membalas komentar para netizen yang memprotes kebijakannya itu.

"Kami tidak menghapus angka tontonan (view)! Kami memperlambat atau membekukan hitungan view untuk video populer sambil melakukan verifikasi apakah view itu benar - ini menunjukkan bahwa sistem kami memang bekerja dengan seharusnya. Kami masih menghitung tiap tontonan. Begitu view berkualitas terhitung, angka view akan diperbarui secara berkala."



Sebelumnya, video klip BTS ini berhasil menjadi video klip yang paling banyak ditonton di Youtube dalam 24 jam terakhir. Video klip ini bahkan memecahkan rekor karena menyentuh angka 78 juta view dalam 24 jam.

Jumlah view ini berhasil mengalahkan klip anyar BlackPink "Kill This Love" yang menyentuh angka 57 kali diputar dalam 24 jam terakhir.

Lagu "Boy with luv" adalah single ungguland alam album terbaru BTS Map of the Soul: Persona. Album ini meluncur Jumat (11/4) lalu bersamaan dengan dirilisnya lagu dan video tersebut di Youtube. (eks/eks)