T.O.P BIGBANG Selesaikan Wamil pada 8 Juli

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 12:08 WIB
T.O.P BIGBANG Selesaikan Wamil pada 8 Juli Dalam menjalankan tugas wamil, T.O.P sempat tersandung beberapa masalah. (AFP PHOTO / ANTHONY WALLACE)
Jakarta, CNN Indonesia -- Personel BIGBANG T.O.P dikonfirmasi bakal menuntaskan kegiatan wajib militer [wamil] sebulan lebih awal dari waktu yang telah dijadwalkan. Kabar itu disampaikan oleh perwakilan dari kantor administrasi City of Yongsan lewat sebuah pernyataan yang dirilis Selasa (21/5) kemarin.

Dalam pernyataan itu diungkapkan bahwa T.O.P dapat mengakhiri kewajibannya lebih cepat karena keputusan pemerintah pada 2018 yang mempersingkat waktu layanan untuk semua laki-laki yang bertugas di militer atau dalam pelayanan publik.

"Choi Seung Hyun [nama asli T.O.P] akan selesai dari layanan wajib militernya pada 8 Juli karena undang-undang soal wajib militer telah mulai diberlakukan pemerintah, bahwa masa layanan wajib telah dipersingkat sekitar 27 hari," demikian pernyataan seperti yang dikutip dari AllKPop.


T.O.P diketahui mulai menjalani wamil sejak Februari 2017 dan diperkirakan akan selesai pada Agustus tahun ini. Bintang berusia 31 tahun itu mengawali kewajiban sebagai perwira polisi. Namun tak lama kemudian ia didakwa dan didenda karena penggunaan narkoba ilegal pada Juli 2017, menyebabkan ia kehilangan posisi sebagai polisi wamil.


Pada Januari 2018, T.O.P memulai tugas baru sebagai pekerja layanan publik untuk kota Yongsan. Selama penugasan itu, ia sempat tersandung masalah pelanggaran norma wamil.

Pada Maret 2018, sejumlah media lokal melaporkan bahwa Administrasi Ketenagakerjaan Militer Regional Seoul sedang menyelidiki apakah perilisan lagu baru Bigbang yang bertajuk 'Flower Road' telah melanggar aturan militer. Itu terkait peluncuran lagu yang dilakukan bersamaan dengan kegiatan wamil T.O.P.

Padahal, peraturan militer Korea Selatan melarang tentara aktif untuk terlibat dalam kegiatan bisnis tambahan. Namun dugaan itu langsung ditanggapi oleh YG Entertainment. Agensi tersebut membantah bahwa T.O.P merekam lagu selama menjalani wamil.

"Penggemar sudah tahu bahwa 'Flower Road' direkam dua tahun lalu saat memproduksi album 'MADE'. Ini adalah sesuatu yang diketahui masyarakat umum melalui laporan media. Kami tidak mengerti mengapa ini menjadi masalah," ujar seorang sumber dari YG Entertainment, dikutip dari Osen via Naver saat itu.

Lebih lanjut, sumber itu pun menganggap lumrah jika para musisi merilis lagu beberapa saat setelah dinyatakan masuk wamil. Itu ditujukan sebagai hadiah bagi penggemar yang harus menunggu sang idola menyelesaikan tugas selama dua tahun.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)