Ustaz Arifin Ilham Meninggal, Seleb Kirim Doa

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 09:26 WIB
Ustaz Arifin Ilham Meninggal, Seleb Kirim Doa Kabar ustaz Arifin Ilham meninggal dunia juga membuat para seleb sedih. (Detikcom/Hasan Al Habshy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pesohor mengungkapkan rasa duka dan kenangan mereka usai mendengar kabar ustaz Arifin Ilham meninggal dunia. Arifin Ilham meninggal dunia Rabu (22/5) tengah malam di Malaysia setelah berjuang melawan kanker getah bening.

Pembawa acara Arie Untung mengisahkan kenangan dirinya dengan mendiang ustaz tersebut dalam sebuah unggahan di media sosial miliknya. Dalam unggahan berupa foto itu, Arie tampak berkuda dengan almarhum.

Dalam keterangan foto tersebut, Arie mengenang sosok Arifin yang ia panggil dengan kata "murabbi" atau bermakna "pendidik" sebagai pribadi yang senang bercanda, dan banyak memberikan pencerahan melalui ceramahnya.


"Laksana lilin, murobbi rela menghabiskan dirinya demi mencerahkan orang lain. Selamat beristirahat ya ustaz, sudah cukup lelahmu mendidik kami. Ditutup dengan manis, sakit yang menggugurkan segala salah yang pernah diperbuat," kata Arie.

[Gambas:Instagram]

Ucapan duka juga datang dari istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela. Melalui unggahan di fitur Story Instagram, Mulan memanjatkan doa untuk ustaz yang juga pengasuh Pesantren Az-Zikra, Bogor tersebut.

"Selamat jalan ustaz Arifin Ilham, insyaallah mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," kata Mulan dalam tulisan pada unggahan tersebut, dikutip dari Antara.

Sejumlah seleb lainnya pun turut mengunggah doa atas kepergian Arifin Ilham, seperti Dimas Seto, Dude Harlino, dan Irwansyah. Ketiganya menggunakan foto yang diunggah oleh putra Arifin, Muhammad Alvin Faiz.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]


Pendiri Yayasan Pesantren Az-Zikra KH Muhammad Arifin Ilham alias Ustaz Arifin Ilham meninggal karena penyakit kanker getah bening yang diidapnya. Dia tutup usia saat dalam perawatan di Malaysia.

"Innalillahiwainnailaihirojiun. Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham . Semoga Allah terima amal ibadahnya, diampuni semua dosanya, dimasukkan ke surganya Allah swt, aamiin," tulis Alvin Faiz, melalui akun Instagram.

Arifin Ilham sempat menyembunyikan penyakit kanker nasofaring ke publik. Dia baru mengabarkan penyakitnya itu pada Desember 2018, dan dia menyatakan saat itu kanker yang diidapnya berada pada stadium 4.

Namun, ketika itu dia mengaku kondisinya berangsur membaik setelah menjalani perawatan selama dua bulan.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Ketua Yayasan Az-Zikra, Khotib Kholil menjelaskan bahwa jenazah Ustaz Muhammad Arifin Ilham akan dua kali disalatkan di dua lokasi berbeda ketika tiba di Bogor, Jawa Barat.

Menurut Khotib salah jenazah dua kali itu sesuai wasiat Arifin Ilham sebelum dimakamkan di Gunung Sindur, Bogor.

"Beliau beramanat ingin disalatkan di Az-Zikra Sentul, setelah itu disalatkan juga di Az-Zikra Gunung Sindur," ujarnya seperti mengutip Antara, Kamis (23/5).


Di sisi lain, jasad Arifin Ilham direncanakan bakal dipulangkan hari ini dari Malaysia menggunakan pesawat sewaan. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Pulau Penang menyatakan siap membantu pemulangan jenazah Arifin Ilham.

"Ustaz Arifin Ilham sudah berpulang ke Rahmatullah. Insyaallah secepatnya akan dipulangkan dari Penang. Menurut rencana akan dimakamkan di Pesantren Az-Zikra Gunung Sindur, Kabupaten Bogor," ujar Konsul Jendral Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Pulau Penang, Iwanshah Wibisono. (end)