Sutradara Ungkap Monster yang Lebih Kuat dari 'Godzilla'

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/05/2019 12:45 WIB
Sutradara Ungkap Monster yang Lebih Kuat dari 'Godzilla' Sutradara 'Godzilla: King of the Monsters', Michael Dougherty mengungkapkan ada monster yang lebih kuat dari makhluk reptil raksasa itu. (Dok. Warner Bros Pictures via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Godzilla: King of the Monsters, Michael Dougherty mengungkapkan ada monster yang lebih kuat dari makhluk reptil raksasa itu. Namun sayangnya, monster itu selalu dipandang sebelah mata.

Monster bernama Rodan itu pun diangkat Dougherty dalam film yang akan rilis pada 29 Mei mendatang di Indonesia. Dalam film ini, nantinya akan akan tiga monster lain selain Godzilla.

"Rodan selalu dianggap sebelah mata dalam film-film lama Godzilla. Dia selalu menjadi sampingan. Saya selalu bersimpatik kepadanya," kata Dougherty seperti dikutip dari Entertainment Weekly.


Rodan merupakan monster berbentuk burung purba Pteranodon. Ia pertama kali muncul dan diperkenalkan dalam genre film monster raksasa ala Jepang alias kaiju pada film Rodan (1956).


Meski muncul pertama kali dalam film solo, Rodan kemudian bergabung dalam seri waralaba Godzilla. Rodan muncul pertama kali di seri waralaba Godzilla dalam film Ghidorah, theThree-Headed Monster (1964) yang diproduksi oleh Toho Productions.

Dougherty lalu menjelaskan dalam berbagai hal Rodan sebenarnya lebih kuat ketimbang Godzilla. Saat menghancurkan kota misalnya, Rodan tidak perlu menginjak-injak karena ia bisa menghancurkan kota sembari terbang.

"Dia dapat menyebabkan kehancuran besar dengan gelombang kejut, ledakan sonik dan angin. Ada kecepatan dan keganasan tertentu yang kami dapatkan dari karakter itu yang tidak kalian dapatkan dari karakter lain dan saya pikir kami telah melakukannya dengan adil," kata Dougherty.

Bentuk tubuh serta penampilan Rodan telah dipikirkan dengan matang oleh tim produksi. Desainer produksi Scott Chambliss menjelaskan bahwa tampilan Rodan terinspirasi dari habitatnya dalam film.


"Pada dasarnya dalam cerita kami, Rodan hidup dalam gunung berapi aktif. Jadi, hal itu memberikan informasi seperti apa tampilannya," kata Chambliss.

Dalam dua cuplikan yang dirilis Warner Bros., Rodan terlihat keluar dari gunung berapi. Lava yang keluar dari gunung berapi itu tidak berdampak apa pun pada tubuhnya.

"Ide tentang makhluk itu bersarang di api, saya pikir, itu sangat menarik. Kami mengubah Rodan sedikit sehingga tampak seperti makhluk yang berevolusi untuk hidup dalam kondisi seperti itu. Bila kalian melihat sisiknya, sisik itu bersifat seperti batuan vulkanik," kata Dougherty, dikutip dari EW.

Sutradara berusia 44 tahun ini menjelaskan ia banyak mengadaptasi karakter burung Phoenix dalam membuat Rodan. Phoenix dikenal sebagai karakter mitologi berupa burung yang lahir dari api dan muncul kembali dari abu.

[Gambas:Youtube]

Selain Rodan, dua monster lain dalam film adalah King Ghidorah yang berbentuk naga berkepala tiga. Selain itu ada Mothra yang berbentuk ngengat raksasa.

King Ghidorah pertama kali muncul dalam Ghidorah, the Three-Headed Monster (1964) dan Mothra pertama kali muncul dalam Mothra (1961).

Dalam Godzilla: King of the Monsters, Godzilla akan melawan tiga monster tersebut. Ia tidak sendirian, Godzilla dibantu tentara untuk melawan tiga musuh tersebut. Namun dalam cuplikan trailer, beberapa pesawat tempur terlihat mudah sekali dihancurkan oleh tiga monsters itu.

Film yang merupakan sekuel Godzilla (2014) ini akan dibintangi oleh Millie Bobby Brown, Charles Dance, Vera Farmiga (Dr. Emma Russell), Ken Watanabe (Dr. Ishiro Serizawa) dan beberapa aktor kenamaan lain. (adp/end)