Ulasan Film: 'Single 2'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/06/2019 16:41 WIB
Ulasan Film: 'Single 2' Salah satu adegan film 'Single 2.' (Dok. Soraya Intercine Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raditya Dika tampaknya belajar dari kesalahan. Setelah membuat banyak film bergenre komedi yang tidak lucu, akhirnya ia melahirkan Single 2. Dibanding film-film Raditya Dika lainnya, ini cukup lucu. Tidak benar-benar lucu, tapi setidaknya, lucu.

Memang hanya unsur lucu yang bisa diandalkan oleh Single 2. Secara cerita, Single 2 tersa membosankan karena banyak pengulangan dari film pertamanya.

Film berdurasi 128 menit ini masih bercerita tentang seorang pria bernama Ebi (Raditya) yang belum pernah pacaran sejak lahir. Ia tak berani berbincang dengan perempuan dan tidak tahu bagaimana mendekati perempuan. Sementara ibunya mendesak Ebi untuk segera menikah.
Apalagi usianya sudah hampir 30 tahun.


Pada Single 2 juga masih ada karakter bernama Angel (Annisa Rawles) yang sebelumnya muncul di Single. Ia diceritakan menjalin hubungan pertemanan yang sangat dekat dengan Ebi, meski sang 'bujang lapuk' ingin Angel menjadi pacarnya.

Pengulangan lain adalah Ebi yang selalu memiliki dua orang teman dekat.


Pada Single Ebi berteman dengan Wawan (Pandji Pragiwaksono) dan Victor (Babe Cabita), kali ini mereka adalah Johan (Yoga Arizona) dan Nardi (Ridwan Remin).

Bukan hanya itu, dua teman Ebi ini selalu memberikan nasihat soal cara mendekati perempuan dan selalu menjadi orang yang paling paham soal perempuan. Padahal, sebenarnya mereka tidak begitu mengerti soal perempuan.

Di sebuah adegan, Ebi bersama Johan dan Nardi datang ke kelab malam untuk mencari perempuan. Adegan itu sudah pernah ada di Single yang pertama. Alhasil, itu sangat membosankan karena mudah ditebak.


Beruntung cerita yang membosankan itu dibalut dengan beberapa adegan komedi yang berhasil mengocok perut. Salah satunya adalah ketika Ebi berkenalan dengan perempuan di kelab malam. Setelah berkenalan, berjoget dan bercengkerama, Ebi baru tahu ia transeksual.

Adegan komedi lain yang berhasil adalah ketika Nardi memberi telur goreng kepada Ebi agar tenang saat hendak bertemu Angel. Nardi tidak bilang bahwa dalam telur itu terdapat magic mushroom yang membuat Ebi berhalusinasi.

Di luar itu, adegan-adegan komedi lain tidak lucu. Salah satunya ketika mobil Ebi terkena kotoran burung. Yang makin membuat tidak lucu, adegan itu harus diulang dua kali.


Single 2 dirilis Selasa (4/6) kemarin seakan hanya untuk mengejar momen libur Lebaran dan 'merebut hati' para lajang yang gerah ditanya-tanya saat pertemuan keluarga. Namun film ini tetap bisa dijadikan hiburan yang bisa ditemukan di seluruh jaringan bioskop. (adp/rsa)