Berkonten Gay, 'Rocketman' Dilarang Tayang di Samoa

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 12/06/2019 16:27 WIB
Berkonten Gay, 'Rocketman' Dilarang Tayang di Samoa 'Rocketman' dilarang tayang di Samoa. (Dok. Paramount Pictures via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rocketman tidak akan bisa ditonton di Samoa, pulau di Pasifik Selatan. Pemerintah setempat memutuskan melarang film itu ditayangkan karena mengandung adegan gay.

Senin (10/6) lalu, bagian sensor Samoa, Leiataua Niuapu Faaui mengatakan kepada surat kabar Samoa Observer bahwa keputusan melarang Rocketman tayang sudah resmi sejak pekan lalu. Sebabnya, musikal biopik Elton John itu bertentangan dengan "budaya dan kepercayaan warga Samoa" yang mayoritas beragama Kristen-sekitar 97 persen dari 200 ribu warga lokal.

Percintaan sesama jenis terlarang di sana, bahkan aktivitas seks mereka dianggap kriminal.



Apollo Cinemas, jaringan bioskop di Samoa juga menerangkan melalui halaman Facebook-nya, "Sayangnya karena masalah sensor kami harus membatalkan penayangan Rocketman."

Ini bukan pertama kali Rocketman tidak disambut hangat di sebuah negara. Sebelumnya beberapa adegan yang menunjukkan aktivitas seks gay dan konsumsi obat-obatan terlarang disensor agar film yang dibintangi Taaron Egerton itu bisa tetap tayang di Rusia.

Saat itu, penyensoran di Rusia membuat Elton John dan sineas di balik filmnya berang.


Namun belum ada komentar dari mereka soal pelarangan tayang di Samoa kali ini.

Rocketman merupakan film yang menceritakan kehidupan awal Elton John di dunia musik. Diceritakan mulai ia belajar piano sejak kecil sampai bagaimana dirinya menggebrak dunia musik Amerika Serikat. Obat-obatan terlarang dan pesta penuh alkohol juga ditampilkan.

Film itu disutradarai Dexter Fletcher, yang menggantikan Bryan Singer setelah ia hengkang dari penggarapan Bohemian Rhapsody, biopik Queen yang banyak mengulas kehidupan Freddie Mercury. Di Bohemian Rhapsody, juga digambarkan kehidupan gay dan pesta Mercury.
Rocketman pertama tayang di Festival Film Cannes dan mendapat sambutan meriah. Penonton bahkan melakukan standing ovation untuk film yang membuat Elton John menangis itu. (rsa)