Kangin eks 'Super Junior' dan Jeratan Skandal Hukum

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 11/07/2019 14:07 WIB
Kangin eks 'Super Junior' dan Jeratan Skandal Hukum Kangin 'Super Junior' kerap terlibat masalah akibat kegemarannya minum alkohol. (superjunior.smtown.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kangin atau Kim Young Woon resmi keluar dari Super Junior, boyband yang telah membesarkan namanya dalam 14 tahun terakhir. Keputusan itu diambil setelah dua tahun dirinya tak pernah lagi ikut dalam comeback SuJu.

Nama Kangin memang kerap melekat dengan skandal. Hal itu yang kemudian memancing emosi sejumlah penggemar SuJu atau E.L.F terutama yang tinggal di Korea. Mereka bahkan mengeluarkan ancaman jika Kangin ikut dalam comeback SuJu.


Skandal pertama terjadi pada 2009, empat tahun setelah ia debut bersama SuJu. Kangin terlibat dalam perkelahian di sebuah bar, Gangnam, Seoul. Hal itu membuatnya dikeluarkan dari jajaran model utama fashion show Andre Kim dan hiatus dari semua aktivitas.


Tak lama, Kangin kembali berurusan dengan hukum setelah menabrak sebuah taksi yang sedang parkir dan melarikan diri. Namun, ia akhirnya menyerahkan diri enam jam kemudian dan memiliki residu alkohol 0,082 persen dalam darahnya.

Penyanyi berusia 34 tahun ini dijatuhi denda 8 juta won yang harus dibayar pada Pengadilan Distrik Pusat Seoul. Hal ini membuatnya benar-benar diistirahatkan dari seluruh kegiatan, promosi, termasuk pembuatan album Super Junior.

Kangin kemudian memutuskan masuk wajib militer pada 2 Juli 2010 dan menyelesaikannya pada April 2012.

Kangin membuat para E.L.F berurai air mata dengan keputusan keluar dari 'Super Junior'. (superjunior.smtown.com)

Setelah sekian lama, akhirnya ia kembali bersama SuJu dalam album Sexy, Free, and Single yang rilis pada Juli 2012. Kehadirannya itu pun diterima penggemar. Ia seakan merintis kembali sebagai selebriti di Korea Selatan dari awal dengan menjadi pembawa acara di berbagai program televisi.

Namun tiga tahun kemudian, ia kembali terjerat masalah karena mangkir dari kewajiban hadir dalam sesi pelatihan militer selama 72 jam. Akibatnya, Kangin kembali diistirahatkan dari SuJu.

Pada 2016, ia lagi-lagi mengulangi kesalahannya, tabrak lari dalam pengaruh alkohol. Ia menabrak lampu jalan di Sinsa-dong, Seoul, kemudian melarikan diri. Kasus ini membuatnya kehilangan surat izin mengemudi dan harus membayar denda 7 juta Won.

Dua tahun lalu, pada November 2017, Kangin diduga melakukan kekerasan pada kekasihnya di sebuah restoran kawasan Gangnam. Saat itu, ia dilaporkan dalam kondisi mabuk.


Sepanjang kariernya, ia terlibat dalam sejumlah sub-unit SuJu seperti Super Junior-T (Trot) dan Super Junior Happy.

Ia juga bermain film Attack on the Pin-Up Boys bersama seluruh anggota Super Junior lainnya, menjadi pengisi suara karakter Alvin untuk Alvin and the Chipmunks di Korea Selatan, serta film Hello, Schoolgirl.

Kangin juga bermain sejumlah drama seperti A Man and a Woman, Romance Zero, dan Rainbow Romance.

Kini, meski telah keluar dari SuJu, Kangin masih tetap dalam naungan SM Entertainment.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)