Kru Animator Sedih Lihat 'The Lion King' versi Baru

Tim, CNN Indonesia | Senin, 05/08/2019 12:25 WIB
Kru Animator Sedih Lihat 'The Lion King' versi Baru Para animator film 'The Lion King' versi orisinal mengaku kecewa dengan pembuatan ulang film tersebut dalam bentuk live-action. (dok. Walt Disney Studios via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film The Lion King versi live-action ternyata tak dinikmati banyak orang. Salah satunya adalah David Stephan, salah seorang animator film animasi klasik Walt Disney The Lion King yang dirilis pada 1994.

"Jika Anda bertanya pada kru orisinal Lion King, kebanyakan dari mereka akan mengatakan 'kenapa Anda harus melakukan itu (membuat versi live-action)?' Itu sangat menyakitkan," kata Stephan kepada HuffPost.

Hal itu disampaikan setelah 13 animator yang bertanggung jawab atas film animasi klasik ini berdiskusi mengenai CGI hasil adaptasi yang dibuat Jon Favreau.


Stephan berkontribusi dalam adegan Circle of Life, bagian paling awal dari film ini. Ia juga mendesain hyena.

Stephan merupakan satu dari tiga animator yang mau terang-terangan mengutarakan pendapat. Kebanyakan dari animator lainnya memilih tak berkomentar karena mereka bahkan tidak berminat menonton versi live-action tersebut.

Animator The Lion King Klasik Sedih Lihat Versi Live-ActionPara animator film The Lion King 1994 mengeluhkan produksi terbaru kisah Simba yang berbentuk live-action. (dok. Walt Disney Pictures via imdb.com)
"Sangat sedih pemegang saham menentukan film yang harus dibuat dan mengatakan di depan muka Anda: Kami sekarang hanya ingin menghasilkan uang. Itu menyedihkan sebagai seorang seniman dan dari sebuah studio yang didirikan berdasarkan orisinalitas," tuturnya.

Stephan menyebut performa pengisi suara The Lion King 2019 'lemah' dan 'kaku'. Dia juga menilai desain karakter dalam film terasa 'terlalu nyata'.

"Saya jadi teringat dengan film alam zaman dulu ketika mereka sulih suara dan mulutnya bergerak. Saya pikir ini murahan sekali. Sepertinya terlalu cepat untuk yang satu ini," keluhnya.

Animator lain yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan bahwa kru orisinal versi 2D The Lion King tak dapat dipungkiri membenci versi 3D ini. 

Namun, beberapa animator lainnya seperti Alexander Williams dan Dave Bossert memuji versi terbaru The Lion King. Mereka adalah pencipta Scar dan efek visual dari film yang sebelumnya.

"Secara keseluruhan saya pikir versi ini berdiri sendiri. Tak hanya menampilkan cerita yang hebat tetapi juga penghormatan terhadap film aslinya," kata Bossert.

The Lion King 2019 menggandeng nama-nama besar untuk menjadi pengisi suaranya, mulai dari Beyonce, Donald Glover, Seth Rogen, James Earl Jones dan John Oliver.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)