BTS Menang di Kategori Kontroversial MTV VMA 2019

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 19:44 WIB
BTS Menang di Kategori Kontroversial MTV VMA 2019 Bukan hanya kemenangan BTS di MTV Video Music Awards 2019 yang jadi pembicaraan, namun meliputi keseluruhan kategori. (Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband asal Korea Selatan, BTS, meraih dua penghargaan dalam MTV Video Music Awards 2019 yakni Best Group dan Best K-Pop atas lagu Boy With Luv bersama Halsey. Selain diumumkan di Prudential Center, Newark, New Jersey, hal tersebut disampaikan MTV melalui Twitter.




BTS merupakan boyband asal Korea Selatan yang pertama kali memenangkan dua kategori tersebut. Best K-pop merupakan kategori penghargaan yang baru diadakan pada tahun ini dengan para nomine adalah BTS, BLACKPINK, MONSTA X, TXT, NCT 127 dan EXO.


Sebelum memenangkan kedua kategori ini, BTS masuk beberapa nominasi seperti Best Group bersama BLACKPINK, Best Choreography, Best Art Direction dan Best Collaboration.

Meski menjadi pemenang, BTS tak hadir untuk menerima penghargaan tersebut. Hal itu dikarenakan mereka sedang menjalani masa 'cuti' untuk beberapa bulan. Mereka dikabarkan akan beraktivitas kembali pada 11 Oktober untuk konser di Arab Saudi.

Sebelumnya, penggemar BTS atau yang disebut ARMY sempat protes ketika mengetahui MTV mengeluarkan kategori baru, Best K-Pop, dan menjadikan idolanya sebagai calon pemenang. ARMY berpendapat hal tersebut merupakan tindakan rasial serta xenofobia MTV terhadap Korea.

Padahal, banyak prestasi yang diraih BTS mulai dari merajai tangga lagu Billboard 200 dengan tiga album berbeda yakni Love Yourself: Tear, Love Yourself: Answer dan Map of The Soul: Persona. Sejarah itu pernah dicetak The Beatles pada 1995-1996 dengan album Anthology 1, Anthology 2 dan Anthology 3.
Kontroversial, Kemenangan BTS di MTV Video Music Awards 2019BTS berkolaborasi dengan Halsey dalam lagu 'Boy With Luv' yang menjadi nomine MTV Video Music Awards 2019. (dok. ibighit via YouTube.com/ibighit)
Melansir Variety, MTV telah sering mendapatkan kritik terkait hal ini. Mulai dari yang tidak pernah menyebut Epik High atau memasukkan grup tersebut dalam nominasi. Padahal Epik High merupakan grup Korea pertama yang tampil di Coachella pada 2016, jauh sebelum BLACKPINK.

MTV juga 'melupakan' MONSTA X yang menyanyikan lagu Who Do U Love, lagu yang sepenuhnya berbahasa Inggris. MTV malah memberikan selamat kepada French Montana, kolaborator MONSTA X, dalam nominasi Best K-Pop tanpa menyebut MONSTA X yang merupakan grup asal Korea Selatan.

[Gambas:Video CNN]
(chri/rea)