Lika-liku 'Running Man' 9 Tahun Warnai Pertelevisian Korsel

Tim, CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 19:56 WIB
Lika-liku 'Running Man' 9 Tahun Warnai Pertelevisian Korsel Tim 'Running Man' bertahan selama sembilan tahun mengisi dunia pertelevisian Korea Selatan. (screenshoot via Instagram/@sbs_runningman_sbs)
Jakarta, CNN Indonesia -- Running Man menjadi variety show Korea Selatan paling lama yang tayang di SBS. Pada Minggu (8/9), Running Man merayakan hari jadi kesembilan bersama para penggemar di Korsel melalui fanmeeting dan konser.

Episode pertama Running Man tayang pada 11 Juli 2010. Acara yang tayang tiap Minggu malam itu awalnya dibintangi Yoo Jae-suk, Ji Seok-jin, Kim Jong-kook, Ha Dong-hoon (HaHa), Kang Gary, Song Ji-hyo, Lee Kwang-soo dan Song Joong-ki.

Saat itu, seperti namanya, mereka berdelapan memiliki misi yang banyak menuntut aktivitas fisik seperti berlari.


Namun seiring berjalan waktu, Running Man mulai mengubah konsep program dengan lebih mengedepankan aktivitas sehari-hari, permainan ringan, kehidupan dari para bintangnya serta partisipasi para keluarga bintang.

Pergantian pemain pun terjadi. Pada 2012, Running Man harus kehilangan Song Joong-ki yang memilih keluar karena permasalahan jadwal syuting. Program kemudian berlanjut dengan tujuh anggota.

Pada 2016, Running Man harus kembali kehilangan anggotanya yakni Kan Gary. Member yang menjadi pasangan Song Ji-hyo sebagai Monday Couple ini memilih fokus dalam karier sebagai penyanyi.

Salah satu produser SBS yang menangani Running Man, Jeong Cheol-min, mengatakan kepergian Gay merupakan krisis terbesar yang pernah dialami variety show tersebut.

"Peringkat pemirsa acara turun dari dua digit menjadi satu digit bahkan di bawah lima persen. Semua orang dalam tekanan," kata Jeong Cheol-min seperti dilansir Yonhap.

Tak lama setelah itu, Running Man kembali diterpa masalah akibat rencana mengeluarkan Song Ji-hyo dan Kim Jong-kook yang selama ini dikenal sebagai SpartAce ternyata bocor ke media. Rencana disebut ditentang banyak pihak, sampai SBS berencana menghentikan penayangan Running Man.

Namun rencana tersebut kembali dikecam para penggemar Running Man. Tak lama setelah itu, tim produksi meminta maaf kepada penggemar dan membuat episode rekonsiliasi bagi enam member yang tersisa.
Lika-liku 'Running Man' 9 Tahun Warnai Pertelevisian KorselKim Jong-kook, personel Running Man yang disebut sempat akan dikeluarkan dari tim. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Running Man seakan mulai 'membangun kembali' kepercayaan publik dengan memasukkan Jeon So-min serta Yang Se-chan sebagai anggota baru pada April 2017.

Jeong Cheol-min pun mengungkapkan keluh kesahnya terkait sembilan tahun mengurusi variety show tersebut.

"Saya berusaha menggabungkan Running Man dengan apa yang sesungguhnya tidak seperti Running Man dalam acara peringatan sembilan tahun. Saya bertekad untuk menghasilkan ide-ide baru," katanya.

Ia mengatakan bukan hal mudah mempertahankan Running Man di tengah masifnya perubahan tren yang mulai didominasi YouTube dan media berbasis internet lainnya. Jeon Cheol-min menilai televisi mulai kehilangan pengaruhnya sebagai sumber untuk menghasilkan bintang baru.

"Jadi saya berharap variety show seperti Running Man dapat bertahan sampai akhir untuk menyiapkan tempat bagi calon bintang," kata Jeong Cheol-min.

Running Man memang kerap mengundang artis-artis baru atau muda sebagai bintang tamu. Anggota Running Man kerap berguyon bahwa para artis baru akan tenar setelah tampil dalam acara mereka.

Tak hanya itu, Lee Kwang-soo pun sering menjadi sasaran kelakar mereka. Para member menyebut Lee Kwang-soo bisa terkenal dan menjadi Prince of Asia berkat Running Man.

Dalam peringatan hari jadi kesembilan, delapan anggota Running Man juga sempat mampir ke Indonesia untuk menyapa penggemar dalam bentuk fanmeeting dan konser pada 17 Agustus 2019.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)