Penjualan Tiket Film Korsel Terpuruk di Musim Panas 2019

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 05:24 WIB
Penjualan Tiket Film Korsel Terpuruk di Musim Panas 2019 EXIT menjadi film lokal Korea Selatan yang mencatat raihan baik dalam penjualan tiket di musim panas 2019. (dok. Filmmaker R & K)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan tiket bioskop bulanan untuk film lokal Korea Selatan terpuruk ke titik terendah dalam tujuh tahun terakhir karena minimnya judul-judul hit selama ini.

Berdasarkan Dewan Perfilman Korea yang dilansir Yonhap, penjualan tiket bioskop untuk film Korea Selatan mencapai US$18 juta pada Agustus 2019 atau 4,21 juta lebih rendah dari penjualan bulanan yang tercatat pada Agustus 2018.

Angka tersebut juga menjadi capaian di bawah US$20 juta yang pertama sejak Agustus 2012. Hal tersebut disebabkan film-film musim panas yang tayang di bioskop pada tahun ini tak bekerja sebaik pendahulunya.


Beberapa film musim panas seperti Along with The Gods: The 49 Days (Agustus 2018), A Taxi Driver (Agustus 2017) dan The Admiral: Roaring Currents (Juli 2014) mendominasi box office Korea Selatan dengan penjualan lebih dari 10 juta tiket.

Berdasarkan Dewan Perfilman Korea, The Roaring menempati posisi pertama film terlaris dengan penjualan lebih dari 17 juta tiket. Sementara itu, Along with the God: The Last 49 Days dan A Taxi Driver menempati urutan ke-10 dan 11.

Pada Agustus 2019, EXIT menjadi satu-satunya film yang tampil baik dengan penjualan lebih dari 9,3 juta tiket (per 16 September) sejak tayang pada 31 Juli.

Nasib berbeda dirasakan The Divine Fury. Meski tayang bersamaan dengan EXIT, film terbaru Park Seo-joon tersebut hanya menjual sekitar 1,6 juta tiket.

'EXIT', 'Penyelamat' Film Korea di Musim Panas 2019Meski sukses, film The Divine Fury tidak mencapai penjualan cemerlang di Korea Selatan pada 2019 ini. (dok. keyeast production via hancinema.net)
Dewan Perfilman Korea menduga hal tersebut disebabkan karena banyak film hit yang tayang di awal tahun dari Extreme Job dan Parasite.

Sebelumnya, Yonhap juga memberitakan penurunan tersebut disebabkan film-film lokal yang dirilis tak mampu menarik perhatian penonton karena sejumlah film blockbuster Hollywood sudah menyerbu bioskop Korea di awal tahun seperti Avengers: Endgame, Aladdin, serta Spiderman: Far from Home.

"Beberapa film dengan budget tinggi telah tayang di tengah sibuknya musim panas. Penonton mungkin mulai bosan," tutur perwakilan Dewan Perfilman Korea.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)