Sulli 'f(x)', Mantan Artis Cilik yang Mundur Saat Tenar

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 16:29 WIB
Sulli 'f(x)', Mantan Artis Cilik yang Mundur Saat Tenar Sebelum meninggal, Sulli f(x) memulai karier sebagai artis cilik yang kemudian populer namun mundur di tengah masa kejayaan. (Screenshot via Instagram/@jelly_jilli)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan personel girlband f(x) Sulli meninggal dunia pada Senin (14/10) setelah sang manajer menemukan penyanyi itu tewas di kediamannya di Seongnam.

Yonhap melaporkan, hingga saat ini pihak polisi masih menyelidiki penyebab kematian Sulli f(x) dan pihak agensi, SM Entertainment, masih belum memberikan komentar.

Sulli atau yang memiliki nama lengkap Choi Jin-Ri merupakan mantan anggota dari grup f(x) yang lahir pada 29 Maret 1994 sebagai anak perempuan satu-satunya dari 4 bersaudara.


Sulli pertama kali mengawali kariernya saat ia datang ke Seoul tahun 2004. Pada 2005 ia mulai berpartisipasi sebagai aktris cilik pada drama Ballad of Seodong.


Pada drama tersebut ia berperan sebagai Putri Seonhwa dari kerajaan Silla.

Sebelum debut menjadi aktris, ia mengganti nama panggungnya dari Choi Jin-Ri menjadi Sulli atas saran dari seorang reporter yang mengatakan bahwa nama aslinya terlalu religius.

Pada kelas 4, Sulli mengikuti audisi SM Entertainment dan berhasil lolos menjadi seorang trainee. Selama menjadi trainee ia sempat tingggal satu asrama bersama Taeyon dan Tiffany dari Girls Generation sebelum keduanya debut.

Pada 5 September 2009 akhirnya Sulli resmi debut sebagai anggota f(x) dengan lagu 'La Cha Ta'. Dengan konsep yang dapat dibilang unik, f(x) berhasil mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat Korea Selatan.

Sulli bersama f(x).Sulli bersama f(x). (Dok. SM Entertainment)

Namun sayang seluruh kesuksesan tersebut tampaknya tidak membuat Sulli senang. Di tengah-tengah masa promosi lagu 'Red Light', Sulli tiba-tiba memutuskan untuk vakum sementara dari industri entertainment Korea Selatan.

Hal ini diketahui karena Sulli merasa lelah dengan berbagai rumor yang menerpa dirinya.

Hampir setahun menjalani masa vakum, Sulli akhirnya menyatakan keluar dari grup f(x) dan memutuskan untuk bersolo karier.

Sebelum dikabarkan meninggal, Sulli f(x) diketahui berkolaborasi dengan penyanyi dean dalam single 'Dayfly'. Lagu ini menjadi rilisan pertama Sulli setelah ia resmi keluar dari grup yang membesarkan namanya tersebut.

Pada Juni 2019 Sulli melakukan debut solonya sebagai penyanyi dengan lagu 'Goblin'.

Ia juga kerap bermain dalam drama. Saat masih bergabung dengan f(x) ia pernah bergabung dalam drama To the Beautiful You bersama SHINee Minho. Ia berhasil memenangkan New Star Award pada SBS Drama Awards untuk drama tersebut.

Lalu pada 2014 ia muncul dalam film The Pirates bersama dengan Son Ye-Jin dan Kim Nam-Gil. Ia memainkan peran bernama Heuk-myo yang menjadi seorang bajak laut setelah diselamatkan oleh kapten kapal.

Yonhap mengabarkan, pada Oktober lalu Sulli sempat memulai program reality show dirinya sendiri, Truth Store. Dalam acara tersebut, ia mengakui tengah menjalani masa-masa sulit.

Sulli menjelaskan kala itu alasan di balik keputusan meninggalkan f(x) dan mengakui mengalami gangguan panik dan kecemasan sosial yang ekstrem.

"Meskipun sulit, tidak ada yang mendengarkan saya, dan saya merasa seperti saya ditinggalkan sendirian di dunia," kata Sulli saat itu.

Sulli pernah jadi pembicaraan ketika dirinya menentang penggunaan bra. Ia menyebut bra tidak baik untuk kesehatan dan hanya sekadar aksesori.

Sulli f(X) ditemukan meninggal pada 14 Oktober 2019 pukul 15:21 waktu Korea setelah tak bisa dihubungi oleh manajernya sejak Minggu (13/10) sore.

Sulli 'f(x)', Mantan Artis Cilik yang Mundur Saat TenarFoto: CNN Indonesia/Fajrian
(kir/end)