BTS Dinobatkan Jadi Group of the Year Versi Variety

CNN Indonesia | Rabu, 20/11/2019 12:00 WIB
BTS Dinobatkan Jadi Group of the Year Versi Variety Majalah Variety memilih boyband asal Korea Selatan, BTS, sebagai Group of the Year dalam daftar tahunan 'Hitmakers' 2019. (Dok. Big Hit Entertainment via TikTok)
Jakarta, CNN Indonesia -- Majalah Variety memilih boyband asal Korea Selatan, BTS, sebagai Group of the Year dalam daftar tahunan 'Hitmakers' 2019.

"Grup pemecah rekor ini telah memantapkan status mereka sebagai superstar global, menyelesaikan salah satu tur stadion terbesar tahun ini, dan merilis serangkaian single terlaris," tulis Variety dalam daftar yang dirilis Selasa (19/11) tersebut.

BTS menjadi satu-satunya artis Korea yang masuk ke dalam daftar tersebut. Beberapa artis lain yang masuk daftar adalah Ellie Goulding, Megan Thee Stallion, Swae Lee, Ryan Tedder, dan YG.

Sepanjang 2019, BTS berhasil mencetak banyak rekor, salah satunya saat meraup US$116 juta dari tur dunia 'Love Yourself: Speak Yourself' sepanjang tahun ini.


Angka tersebut berasal dari penjualan 976.283 tiket selama tur dengan rata-rata 48.814 tiket setiap konsernya. Hal ini mengukuhkan posisi BTS sebagai salah satu grup paling berkuasa saat ini.

Tak hanya itu, grup besutan Big Hit Entertainment itu juga berhasil memposisikan diri di belakang penyanyi legendaris Elton John dalam Billboard 'Hot Tours' Chart.

Tahun ini, BTS juga diundang Grammy Awards Recording Academy untuk menjadi salah satu voting member. Dengan undangan ini, BTS bisa menggunakan hak suara memilih dalam pagelaran Grammy Awards 2020.

Di samping itu, album Map Of The Soul: Persona berhasil naik kembali di tangga lagu Billboard 200. Album yang dirilis April 2019 itu kini bertengger di posisi 67 setelah sempat turun ke urutan 136.

Kenaikan itu terjadi setelah BTS merilis kolaborasi dengan Lauv dalam "Make It Right", salah satu lagu yang dirilis dalam B-side mini album Map of the Soul: Persona.

[Gambas:Video CNN]
E! People's Choice Awards juga menjadi salah satu faktor album Map Of The Soul: Persona kembali masuk tangga lagu Billboard 200. Dalam acara penghargaan tersebut, BTS tidak memenangkan apapun, padahal memimpin dalam pemungutan suara secara online.

Para penggemar BTS atau yang dikenal sebagai ARMY pun menunjukkan kekuatan fandom dengan membuat seluruh album sang idola kembali masuk iTunes Top Albums di Amerika Serikat. (kir)