Jelang Comeback, BTS Luncurkan Proyek Seni Global

tim, CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 11:19 WIB
Jelang Comeback, BTS Luncurkan Proyek Seni Global Di sela kesibukan jelang rilis album, BTS masih memiliki proyek seni yang diadakan di lima kota di seluruh dunia. (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband BTS mengembangkan proyek seni baru yang diberi tajuk 'CONNECT, BTS'. Pada Selasa (14/1) malam, boyband asal Korea Selatan itu mengungkap bahwa proyek tersebut berfokus pada semua hal tentang seni dan menghubungkan orang-orang di seluruh dunia.

Berdasarkan keterangan resmi dalam laman situsnya, CONNECT, BTS merupakan proyek global untuk menghubungkan lima kota besar di dunia dan 22 seniman, yang masing-masing menyumbangkan filosofi dan imajinasi mereka yang unik.

"Proyek ini bertujuan untuk mendefinisikan kembali hubungan antara seni dan musik, materi dan immaterial, seniman dan audiens mereka, seniman dan seniman lain, teori dan praktik. CONNECT, BTS dapat dijelaskan dalam hal praktik kuratorial kolektif oleh kurator di seluruh dunia yang selaras dengan filosofi BTS," tambah keterangan itu.
Galeri seni akan terdapat di kota-kota seperti London, Berlin, Buenos Aires, Seoul, dan New York, sepanjang Januari hingga akhir Maret. Proyek CONNECT, BTS dimulai Selasa (14/1) kemarin di Serpentine Galleries London dengan peluncuran instalasi seni bertajuk "Catharsis" oleh Jakob Kudsk Steensen, yang akan berlangsung hingga 6 Maret.


Sebuah pertunjukan di Berlin akan dibuka pada Rabu (15/1), diikuti oleh Buenos Aires pada 21 Januari, kemudian Seoul pada 28 Januari dan pertunjukan terakhir di New York pada 5 Februari.

Proyek Connect, BTS dipelopori oleh direktur artistik Daehung Lee, yang mengkurasi Paviliun Korea di Venice Biennial 2017. Lee saat ini menjadi juri untuk START Prize Ars Electronic Festival dan menjabat sebagai direktur seni Hyundai Motor Company.
Sementara orang-orang berpengaruh dalam dunia seni seperti Sir Antony Gormley, Ben Vickers, Kay Watson, Stephanie Rosenthal, Noemie Solomon, dan Thomas Arnold juga dilaporkan terlibat dalam upaya membawa Connect, BTS ke dunia.

Peluncuran acara Connect, BTS diadakan hanya beberapa hari sebelum lagu terbaru yang akan dirilis Bangtan Boys pada Jumat (17/1) mendatang. BTS dijadwalkan meluncurkan album Map of the Soul: 7 pada 21 Februari.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)