Pangeran Harry Tak Akan Ajukan Kewarganegaraan AS

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 12:50 WIB
Meski tinggal dan menetap di LA yang jadi kampung halaman Meghan Markle, Pangeran Harry disebut tak akan mengajukan kewarganegaraan Amerika Serikat. Meski tinggal dan menetap di LA yang jadi kampung halaman Meghan Markle, Pangeran Harry disebut tak akan mengajukan kewarganegaraan Amerika Serikat. (Adrian DENNIS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pangeran Harry diberitakan tak akan mengajukan kewarganegaraan Amerika Serikat meski kini telah menetap di Los Angeles bersama Meghan Markle dan anaknya, Archie.

Ketiganya telah meninggalkan Kanada usai sempat tinggal di sana selama beberapa bulan. Kini, mereka menetap di Los Angeles sebelum keduanya resmi sebagai anggota di luar keluarga Kerajaan Inggris.

"Harry tidak akan mengajukan Green Card atau kewarganegaraan ganda kapan pun dalam waktu dekat, yang akan mengejutkan banyak orang karena itulah yang dianggap sebagian besar orang kala ia pindah ke Amerika Serikat," kata sumber dalam kepada E!.


Sebelumnya Sunday Times melaporkan bahwa sebuah pengajuan kewarganegaraan AS akan mengharuskan Harry untuk melepaskan jabatannya dan mesti melaporkan pendapatannya dari seluruh dunia kepada petugas pajak AS.

Media Inggris itu juga menyebutkan tidak diketahui secara pasti Harry memasuki AS melalui fasilitas bebas visa 90 hari seperti sebagian besar orang Inggris, atau memperoleh visa diplomatik atau khusus lainnya.

Laporan itu juga menulis bahwa Harry sebelumnya diketahui memiliki kekayaan lebih dari US$36 juta, dan ini membuat dirinya memenuhi syarat untuk sebuah visa bagi pengusaha yang ingin berinvestasi di Amerika Serikat.

"Harry juga mungkin mendapatkan visa O-1 untuk individu dengan kemampuan atau capaian luar biasa," tulis Sunday Times.

Mengutip E!, rencana Harry-Meghan Markle untuk merilis rencana mereka di AS usai resmi lepas dari Kerajaan Inggris juga ditunda karena pandemi Covid-19. Keluarga tersebut sedang menerapkan isolasi diri, seperti penduduk kebanyakan.

Sumber lain mengatakan kepada E! pekan lalu bahwa Archie kini punya kegemaran baru, yaitu bermain dengan FaceTime dan berkomunikasi dengan anak-anak sebayanya yang dikenal oleh keluarga kecil tersebut. Hal ini disebut membawa kebahagiaan yang besar bagi Harry-Meghan di tengah suasana pandemi. (end)

[Gambas:Video CNN]