Badan Amal Inggris Beri Rp49 M untuk Pekerja Film saat Corona

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 03:55 WIB
Badan Amal Inggris Beri Rp49 M untuk Pekerja Film saat Corona Ilustrasi. (Istockphoto/Dmitry SHISHKIN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dengan donasi dari berbagai media, sejumlah badan amal Inggris mengucurkan dana hingga 2,5 juta pound sterling atau setara Rp49,9 miliar untuk membantu para pekerja film yang terkena dampak wabah virus corona.

Sebagaimana dilansir The Hollywood Reporter, Selasa (7/4), British Film Institute dan The Film and TV Charity menyalurkan bantuan tersebut melalui COVID-19 Film and TV Emergency Relief Fund yang mereka gagas.

Sejak mengeluarkan gagasan tersebut bulan lalu, mereka langsung bergerilya mencari bantuan hingga mendapatkan dana 1 juta pound sterling atau setara Rp19,9 miliar dari Netflix.


Selain itu, mereka juga berhasil mengamankan sumbangan dari BFI, BBC Studios, BBC Content, WarnerMedia, dan sederet individu terkemuka lainnya.

Sampai saat ini, mereka pun masih membuka pintu donasi bagi siapa saja yang mau menyumbang hingga dua pekan ke depan.

Sementara pintu donasi terus dibuka, mereka akan mulai menyalurkan bantuan dengan paket-paket tertentu sesuai kebutuhan masing-masing pekerja, dengan kisaran antara 500 pound sterling dan 2.500 pound sterling.

Bantuan ini datang tak lama setelah The Film and TV Charity mengungkap data bahwa lebih dari sembilan dari sepuluh pekerja lepas bidang film tak lagi bekerja karena wabah virus corona.

Dari keseluruhan data tersebut, 74 persen di antaranya bahkan tak masuk kriteria yang bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Sebanyak 45 persen dari pekerja lepas yang tak masuk kriteria pemerintah itu kini khawatir tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

CEO Film and TV Charity, Alex Pumfrey, mengatakan bahwa COVID-19 Film and TV Emergency Relief Fund ini unik karena dirancang membantu mereka yang paling membutuhkan.

[Gambas:Video CNN]

"Sistem kami menyoroti pendaftar yang mengalami tekanan tertentu dan tim berpengalaman kami akan merespons mereka yang paling parah melalui telepon personal," ucap Pumfrey.

Selain bantuan ini, Film and TV Charity juga meluncurkan skema bantuan bagi pekerja lepas industri film yang masih menunggu kucuran dana pemerintah cair pada Juni mendatang.

Pinjaman sebesar 2.000 pound sterling siap meluncur ke kantong para pekerja lepas yang dapat membuktikan bahwa mereka masuk kriteria bantuan pemerintah, tapi saat ini berjuang menanti pembayaran pada Juni. (has/has)