Telkom Buka Blokir, Netflix Perbanyak Konten Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 17:10 WIB
Penggunaan Netflix di Indonesia Ilustrasi. (CNN Indonesia/Daniela)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak lama setelah Telkom Group membuka blokir terhadap Netflix, layanan streaming tersebut menyatakan bahwa mereka akan memperbanyak konten Indonesia.

"Kami akan terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh penggemar hiburan di Indonesia dengan menambahkan lebih banyak film-film Indonesia di Netflix," kata Business Development Manager Netflix, Tizar Patria, berdasarkan siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (7/7).

Selain itu, Netflix juga akan mengembangkan kerja sama dengan mitra di Indonesia. Sampai saat ini, Netflix sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah rumah produksi Indonesia untuk menayangkan film di Netflix.


Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, dalam enam bulan belakangan Netflix menambahkan kurang lebih 40 film Indonesia, di antaranya Tabula Rasa (2014), trilogi Dilan, NKCTHI (2020), dan Ayat-Ayat Cinta (2008).

Ke depan, Netflix terus membuka peluang kerja sama dengan rumah produksi Indonesia. Dengan begitu, akan tersedia lebih banyak konten-konten asal Indonesia di Netflix.

Pernyataan ini dirilis tak lama setelah Telkom Group mengumumkan bahwa mereka sudah membuka blokir terhadap layanan streaming Netflix. Dengan demikian, seluruh pengguna IndiHome, Telkomsel, dan wifi.id dapat mengakses konten-konten Netflix.

Telkom memutuskan membuka akses ini setelah Netlfix berkomitmen untuk menyesuaikan konten dan kebijakan perusahaan agar bisa dinikmati oleh orang Indonesia.

"Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan Telkom Group untuk dapat mengakses beragam konten hiburan," ucap Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo, dalam keterangan resmi.

(adp/has)