Trump Sebut Rencana Kanye West Jadi Capres Menarik

CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 14:44 WIB
President Donald Trump pumps his fist as he walks on the South Lawn after arriving on Marine One at the White House, Thursday, June 25, 2020, in Washington. Trump is returning from Wisconsin. (AP Photo/Alex Brandon) Presiden Donald Trump memperpanjang daftar pendukung Kanye West mencalonkan diri menjadi presiden Amerika Serikat dalam pemilihan umum 2020. (AP/Alex Brandon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Donald Trump memperpanjang daftar pendukung Kanye West mencalonkan diri menjadi presiden Amerika Serikat dalam pemilihan umum 2020.

"Dia bisa saja (mencalonkan diri). Itu akan sangat menarik," kata Trump dalam wawancaranya bersama RealClearPolitics di Oval Office pada Selasa (7/7) waktu AS.

Trump tampak tak terganggu akan kemungkinan dirinya bersaing dengan Kanye West. Ia bahkan menyebut pendiri GOOD Music tersebut sebagai teman baik.


Saat ini, pesaing terberat Trump dalam pemilu mendatang adalah Joe Bidden, yang diperkirakan bakal secara resmi ditetapkan sebagai calon presiden dari Partai Republik pada Agustus mendatang.

Kini, Trump pun mengingatkan West bahwa rencana sang rapper sudah terlambat karena beberapa negara bagian sudah menutup pencalonan. Trump dan Biden sudah lebih dahulu mendaftar demi mendapatkan suara.

"Karena batas waktu di negara bagian tertentu sudah lewat. Namun jika dia benar-benar melakukannya, ia bisa menganggap ini sebagai uji coba untuk hal yang terjadi di empat tahun mendatang," tuturnya seperti dilansir Ace Showbiz.

Kanye West menyampaikan rencana untuk maju sebagai calon presiden AS pertama kali melalui cuitan di Twitter pada 4 Juli.

"Kita harus menyadari janji untuk Amerika dengan percaya pada Tuhan, menyatukan visi, dan membangun masa depan kita. Saya akan mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat! #2020VISION," tulis West.

Kendati demikian, perancang Yeezy ini tak mengungkapkan rencana politiknya mulai dari tanggal pendaftaran, pembentukan tim kampanye, atau langkah-langkah lainnya, selayaknya bakal calon presiden biasanya.

Banyak orang curiga cuitan tersebut hanya taktik pemasaran untuk mempromosikan proyek barunya di masa mendatang.

Namun, kicauan itu mendapat dukungan dari kalangan selebritas, mulai dari sang istri, Kim Kardashian, hingga Masika Kalysha, Rose McGowan, 2 Chainz, dan Ty Dolla $ign. Elon Musk juga turut mendukung rencana itu.

[Gambas:Video CNN]

West sebenarnya sudah menyiratkan keinginan untuk mencalonkan diri sebagai presiden AS sejak lima tahun lalu. Keinginan itu disampaikan ketika menerima Video Vanguard Award MTV VMAs 2015.

Keinginan itu kemudian ditekankan berulang kali oleh suami Kim Kardashian ini dalam sejumlah kesempatan.

Kala itu, rencana Kanye West disambut baik Presiden Donald Trump. Ia menilai West merupakan orang baik, tak seperti yang dibayangkan banyak orang. Ia bahkan menantikan momen bisa bersaing dengan rapper Jesus is King tersebut.

West juga merupakan salah satu artis yang secara terbuka mendukung Trump. Ia pernah mengenakan topi bertuliskan Make America Great Again dan mengunjungi Trump di Gedung Putih.

(chri/has)