Taylor Swift Rilis Album Baru 'folklore' Besok

CNN Indonesia | Kamis, 23/07/2020 20:05 WIB
Taylor Swift mengumumkan akan merilis album baru berjudul 'folklore' pada Kamis (23/7) tengah malam waktu Amerika atau Jumat (24/7) waktu Indonesia. Taylor Swift mengumumkan akan merilis album baru berjudul 'folklore' pada Kamis (23/7) tengah malam waktu Amerika atau Jumat (24/7) waktu Indonesia. (Screenshot via Twitter/@taylorswift13)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taylor Swift mengumumkan akan merilis album baru berjudul 'folklore' pada Kamis (23/7) tengah malam waktu Amerika atau Jumat (24/7) waktu Indonesia.

"Kejutan. Tengah malam ini [waktu Amerika Serikat] saya akan merilis album yang sepenuhnya baru yang saya curahkan dengan semua keinginan, impian, ketakutan, dan renungan saya," tulisnya dalam pernyataan yang diunggah ke media sosial miliknya, Kamis (23/7).

Swift mengatakan bahwa album ini digarap di tengah pandemi Covid-19, yang membuat tur konser Lover Fest penyanyi tersebut ditunda hingga tahun depan.


"Banyak hal yang telah saya rencanakan pada musim panas ini batal terjadi, tapi ada sesuatu yang tidak saya rencanakan terjadi. Dan hal itu adalah album ke-8 saya, folklore," katanya.

Swift juga mengatakan bahwa sebelum ini, ia sempat berpikir untuk merilis album di waktu yang sempurna. Namun, karena merasa tak ada yang bisa menjamin yang terjadi ke depan, dia memilih untuk merilisnya dalam waktu dekat.

"Naluri saya mengatakan kepada diri saya bahwa jika kau membuat sesuatu yang kau sukai, maka kau harus mengungkapnya ke dunia. Itulah sisi ketidakpastian yang saya rasakan. Mencintai kalian semua," tulis Swift.

[Gambas:Instagram]

Dalam memproduksi album ini, Swift dibantu oleh Aaron Dessner yang ikut menulis dalam 11 dari 16 lagu. Bon Iver juga ikut menulis satu lagu dan bernyanyi bersama Swift. Selain itu, William Bowery dan Jack Antonoff juga ikut memproduseri album ini.

Album folklore akan berisi 16 lagu baru yang tersedia dalam edisi standar. Swift akan menambahkan satu lagu lagi untuk edisi album deluxe. Nantinya, edisi deluxe ini dirilis dalam delapan versi CD dan vinyl.

"Setiap edisi deluxe akan memiliki sampul, foto-foto, serta karya seni yang unik," kata Swift.

[Gambas:Instagram]

Bertepatan dengan perilisan album ini, Swift juga akan melepas lagu berjudul 'cardigan' beserta video musik yang disutradarai dirinya sendiri.

[Gambas:Instagram]

Sebelum merilis folklore, Swift telah memiliki tujuh album studio, yakni Taylor Swift (2006), Fearless (2008), Speak Now (2010), Red (2012), 1989 (2014), Reputation (2017), dan Lover (2019).

(agn/has)