Karya Banksy Laku Rp41,4 M untuk Bantu Rumah Sakit Palestina

CNN Indonesia | Kamis, 30/07/2020 08:00 WIB
Karya Banksy terjual dengan nilai total setara Rp41,4 miliar dalam acara lelang di London dan hasilnya akan disumbangkan ke satu rumah sakit di Palestina. Karya Banksy terjual dengan nilai total setara Rp41,4 miliar dalam acara lelang di London dan hasilnya akan disumbangkan ke satu rumah sakit di Palestina. (Banksy/Courtesy of Sotheby's)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tiga lukisan karya seniman misterius Banksy terjual dengan nilai total 2,2 juta pound sterling atau setara Rp41,4 miliar dalam acara lelang di London, Inggris, dan hasilnya akan disumbangkan ke satu rumah sakit di Palestina.

CNN melaporkan bahwa ketiga lukisan saling terkait itu terjual dalam acara virtual yang digelar rumah lelang Sotheby's cabang London pada Selasa (28/7) lalu.

Awalnya, karya ini diperkirakan terjual 1,2 juta pound sterling, tapi penawar kian banyak dan akhirnya jatuh di angka 2,2 juta pound sterling.


Bertajuk Mediterranean Sea View 2017, lukisan ini menggambarkan protes Banksy atas krisis pengungsi di Eropa beberapa tahun lalu.

Berkonsep triptych, karya Banksy ini terbagi menjadi tiga dan saling berhubungan. Menurut Sotheby's, lukisan ini sebenarnya mengikuti konsep lukisan pemandangan laut romantis yang biasa dilihat di pasaran.

Namun, Banksy menambahkan gambar pelampung oranye, ban, dan dayung perahu yang memberikan efek visual "kematian massal di laut."

Kepala bagian seni kontemporer Eropa untuk Sotheby's, Alex Branczik, mengatakan bahwa karya lukisan ini membawa pesan yang sangat kuat.

"Lukisan ini dipajang di galeri Sotheby's berdampingan dengan beberapa karya legendaris dari pelukis pemandangan, termasuk Bellotto, Van Goyen, dan Turner. Namun, karya Banksy sangat kuat karena pesan politiknya," katanya.

Sotheby kemudian mengumumkan bahwa sebagian hasil penjualan karya Banksy tersebut akan disumbangkan ke ABCD Betlehem, yayasan non-profit yang biasanya menyalurkan bantuan untuk anak-anak Palestina penyandang disabilitas.

ABCD Betlehem kemudian bakal menggunakan uang itu untuk membangun gedung unit stroke akut. Sebagian hasilnya juga akan dipakai untuk membeli peralatan rehabilitasi anak bagi Betlehem Arab Society for Rehabilitation, yayasan yang menyediakan layanan medis hingga operasi di Palestina.

[Gambas:Video CNN]

(has/has)