Konsistensi Pertumbuhan Bioskop Korea Selatan kala Pandemi

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 13:40 WIB
Kala bioskop negara lain masih mencari cara bangkit, industri layar lebar di Korsel menunjukkan pertumbuhan yang konsisten di tengah pandemi Covid-19. Ilustrasi. (morgueFile/mconnors)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kala bioskop di berbagai negara lain masih mencari cara untuk bangkit, industri layar lebar di Korea Selatan menunjukkan pertumbuhan yang konsisten di tengah pandemi Covid-19 dalam tiga bulan belakangan.

Berdasarkan data Dewan Perfilman Korea, bioskop Korea Selatan berhasil menjual lebih dari 5,62 juta tiket pada Juli atau meningkat 45,4 persen dari capaian Juni yang hanya sekitar 3,86 juta tiket.

Sebagian besar angka itu dicapai setelah perilisan Train to Busan 2: Peninsula yang berhasil menjual 3,4 juta tiket terhitung hingga akhir Juli 2020 walau baru tayang perdana pada 15 Juli.


Film zombi lainnya, #ALIVE, juga turut menyumbang pertumbuhan lewat penjualan 1,9 juta tiket sejak tayang pada 26 Juni. #ALIVE merupakan film pertama yang berhasil melampaui 1 juta penonton sejak bioskop Korsel kembali beroperasi secara masif pada Mei lalu.

Kondisi tersebut memberikan harapan akan kebangkitan bioskop Korea Selatan yang sempat menyentuh titik terendah pada April dengan penjualan hanya 970 ribu tiket.

Capaian box office Korea sebenarnya sudah membaik sejak Mei dengan 1,53 juta tiket dan meningkat hingga 3,86 juta tiket pada Juni 2020.

Meski capaian Juli meningkat 45 persen dibandingkan satu bulan sebelumnya, angka itu sesungguhnya lebih rendah 75 persen ketimbang periode Juli 2019 yang berhasil menjual lebih dari 21,92 juta tiket.

Namun, kantor berita Yonhap memperkirakan pendapatan bioskop Korsel akan terus meningkat, terutama karena sejumlah film lokal dan internasional sudah dipersiapkan untuk tayang dalam waktu dekat.

[Gambas:Video CNN]

Sejumlah karya layar lebar yang sudah siap tayang di antaranya film laga thriller Deliver Us From Evil yang dibintangi Hwang Jung-min dan Lee Jung-jae, tayang mulai Rabu (5/8), dan Tenet karya Christopher Nolan yang tayang di Korea mulai 26 Agustus.

Sementara itu, memasuki Agustus, potensi peningkatan industri bioskop sudah mulai terlihat sejak awal bulan. Film Steel Rain 2: Summit yang dibintangi Jung Woo-sung dan Yoo Yeon-seok berhasil meraih lebih dari 1 juta penonton dalam lima hari sejak tayang 29 Juli.

Capaian tersebut membuat Steel Rain 2: Summit menjadi film ketiga yang berhasil melewati penjualan 1 juta tiket setelah bioskop Korea Selatan terpuruk akibat wabah virus corona.

(chri/has)