Taylor Swift Bikin Rekor Baru Lewat Album folklore

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 09:02 WIB
Taylor Swift menjadi musisi pertama dalam sejarah yang menguasai nomor satu di tangga Billboard Hot 100 dan tangga Billboard 200 dalam pekan yang sama. Taylor Swift menjadi musisi pertama dalam sejarah yang menguasai nomor satu di tangga Billboard Hot 100 dan tangga Billboard 200 dalam pekan yang sama. (AFP/Matt Winkelmeyer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taylor Swift memecahkan rekor baru lewat album folklore yang dirilis pada Jumat (24/7), bersamaan dengan lagu cardigan yang menjadi single pertama dari album kedelapannya itu.

Billboard menyampaikan, Selasa (4/8), bahwa Swift adalah musisi pertama dalam sejarah yang menjadi jawara di tangga lagu Billboard Hot 100 dan tangga album Billboard 200 dalam pekan debut yang sama.

Pada Senin (3/8), Billboard menyatakan bahwa folklore menjadi album ketujuh Swift yang menjadi nomor satu di tangga penjualan album di kawasan Amerika Serikat tersebut.


Album kedelapan Taylor Swift ini dimulai dengan angka penjualan setara-album sebesar 846 ribu unit di Amerika Serikat hingga 30 Juli 2020, menurut data Nielsen Music/MRC.

Sementara itu, selain cardigan yang menjadi jawara Billboard Hot 100, sejumlah lagu lainnya juga masuk 10 besar tangga lagu populer di Amerika Serikat tersebut, yaitu the 1 di posisi nomor empat, exile di posisi enam.

Atas perolehan ini, Swift hanya mampu memberikan reaksi berupa meme melalui media sosialnya, Selasa (4/8).



Billboard menyatakan perolehan folklore sebagai album ketujuh Swift yang mencapai posisi nomor satu di Billboard 200 membuat penyanyi kelahiran Pennsylvania itu, bersama Janet Jackson, sebagai musisi perempuan dengan album nomor satu terbanyak ketiga dalam sejarah Billboard 200.

Peringkat pertama musisi perempuan dengan album nomor satu dalam sejarah Billboard 200 adalah Barbra Streisand dengan 11 album, kemudian ada Madonna dengan sembilan album.

Secara keseluruhan, The Beatles menjadi band dengan paling banyak album nomor satu di Billboard 200 melalui 19 album.

Di sisi lain, Variety sebelumnya mengabarkan bahwa folklore berhasil menjual album hingga 2 juta unit di seluruh dunia dan menjadi album paling laris di 2020.

Rekor menjadi jawara Billboard Hot 100 dan Billboard 200 dalam pekan yang sama ini menambah deretan prestasi yang ditoreh Swift lewat album alternatif pertamanya itu.

[Gambas:Youtube]



Label yang kini menaungi Swift, Republic Records juga sebelumnya mengatakan bahwa folklore juga memecahkan sejumlah rekor lainnya.

Salah satunya adalah rekor streaming album di hari pertama oleh musisi perempuan di Spotify. Di layanan streaming itu, album folklore berhasil mendapatkan 80,6 juta stream.

Selain itu, folklore juga menjadi "album pop paling didengar secara streaming di Apple Music dalam 24 jam" dengan perolehan 35,47 juta stream.

Album folklore juga memecahkan rekor streaming di Amazon Music Indie/Alternative Streaming Record untuk Amerika Serikat dan global, meski tak disebutkan secara detail angka stream yang diperoleh.

(end)