Gonjiam dan 4 Film Horor Korea Terseram Lainnya

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 23:57 WIB
Industri perfilman Korea tak cuma jago memproduksi drama percintaan, tapi juga menyajikan film horor Korea yang bisa meneror malam Anda. Industri perfilman Korea tak cuma jago memproduksi drama percintaan, tapi juga menyajikan film horor Korea yang bisa meneror malam Anda. (Foto: Hive Mediacorp via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain pandai mengemas film hingga drama romansa dengan plot cerita apik, industri hiburan Korea Selatan nyatanya mampu menyajikan ragam genre horor dengan segudang plot menarik namun tetap mendebarkan dan penuh teror.

Beberapa judul film horor Korea di antaranya bahkan sukses memenangkan penghargaan level panggung hiburan nasional hingga internasional. Oleh sebab itu, berikut CNNIndonesia.com rangkum lima film horor Korea terseram yang dapat menjadi tontonan uji nyali bersama teman, keluarga, maupun sendirian saja.

1. Gonjiam: Haunted Asylum (2018)


[Gambas:Youtube]

Film horor Korea kenamaan ini mengangkat kisah sekelompok anak muda yang tergabung dalam komunitas kanal YouTube bernama Horror Time. Demi sebuah konten, mereka ingin menyaksikan sendiri keseraman Gonjiam, sebuah rumah sakit jiwa angker di Korea Selatan.

Berbekal sejumlah persiapan termasuk ragam peralatan teknologi canggih, kelompok muda ini siap memulai petualangan dalam Gonjiam.

GONJIAMFoto: Hive Mediacorp via Imdb
Gonjiam merupakan salah satu rekomendasi film horor Korea tentang sekelompok pemuda yang menelusuri RSJ angker. 

Namun sialnya, dalam petualangan mereka, beberapa di antaranya berpencar dan terpaksa terpisah. Ketakutan seorang diri menyusuri Gonjiam yang gelap dan menyeramkan, semakin menambah ketegangan dalam film berdurasi 95 menit ini.

Selain diganggu makhluk tak kasat mata yang tertangkap kamera mereka, mereka juga banyak menemukan fakta baru termasuk kejadian yang tak pernah disangka sebelumnya.

Film ini disutradarai oleh Jung Bum-shik, dan diperankan oleh Seung-Wook Lee sebagai Seung-wook, Ye-Won Mun sebagai Charlotte, Ah-yeon Oh sebagai Ah-yeon, Ji-Hyun Park sebagai Ji-hyun, Sung-Hoon Park sebagai Sung-hoon, dan juga Ha-Joon Wi sebagai Ha-joon.

2. I Saw the Devil (2010)

[Gambas:Youtube]

Film Korea yang satu ini mengusung genre horror-thriller, yang dikemas secara tak murahan. Teknik sinematografi hingga adegan sadis yang ditampilkan dibuat serealistis mungkin.

I Saw the Devil merupakan film thriller Korea yang disutradarai oleh Kim Jee-woon dan ditulis oleh Park Hoon-jung. Dalam durasi 142 menit, penonton yang sering merasa 'jijik' dengan darah dan segala adegan gore, harus kuat menahan napas selama beberapa waktu.

Film ini bercerita tentang misi balas dendam seorang anggota Badan Intelijen Negara Korea Selatan, Soo-Hyun (Lee Byung-Hyun). Ia bertekad mencari tahu dan menghabisi nyawa pembunuh tunangannya, yang terbunuh secara tidak wajar.

Setelah melalui petualangan panjang dan menegangkan, Soo-Hyun akhirnya berhasil menemukan pembunuh tunangannya, yakni seorang pria yang berprofesi sebagai sopir bus sekolah, Kyung-Chul (Choi Min-Sik).

Plot dan konflik semakin memuncak, manakala mereka mulai bertahan hidup dan menyerang satu sama lain dengan balutan darah di mana-mana.

3. Death Bell (2008)

[Gambas:Youtube]

Death Bell merupakan film horor Korea tentang sekolah karena sebagian besar latar tempat kejadian di sebuah sekolah SMA. Dalam film berdurasi 88 menit ini, penonton akan diajak melihat pembunuhan misterius terjadi secara bergiliran.

Awal film Death Bell mengisahkan 20 siswa terpintar di sekolah yang dipersiapkan untuk mengikuti kelas khusus pada musim panas. Kelas khusus ini guna persiapan memasuki perguruan tinggi.

Suatu hari, sekolah digemparkan dengan video di TV kelas yang memperlihatkan siswi ranking pertama, Min Hye Young berada dalam sebuah akuarium yang pelan-pelan terisi air.

Sebuah instruksi misterius datang, yang memberikan peringatan bahwa Hye Young akan tewas apabila mereka tidak dapat mengerjakan soal pertanyaan yang diberikan melalui TV tabung itu.

Kang I Na (Nam Gyu-ri) menyadari bahwa kasus pembunuhan berantai ini dilakukan secara apik dan berurutan mulai dari ranking satu hingga terakhir.

Satu per satu murid dan guru mulai terbunuh, hingga sebuah fakta masa lalu terungkap yang menjadi penyebab pembunuhan misterius ini terjadi.

4. Bunshinsaba (2004)

[Gambas:Youtube]

Film ini mengangkat kisah sekelompok anak sekolah yang penasaran mencoba bermain Bunshinsaba. Permainan yang awalnya menyenangkan, berubah menjadi kutukan mengerikan.

Jika di Amerika terkenal dengan papan Ouija, maka Korea memiliki permainan pemanggil arwah serupa, yakni Bunshinsaba.

Diawali plot sederhana, Lee Yu Jin (Lee Se-eun) merupakan murid pindahan di sebuah sekolah yang mengalami perundungan di sekolahnya yang baru.

Karena tak kuasa melawan, hal itu membuatnya kesal dan berniat membalas dendam teman-teman sekelas yang telah mem-bully-nya melalui bantuan arwah penasaran.

Namun saat melakukan permainan, ia melanggar salah satu aturan untuk tidak membuka mata selama proses pemanggilan arwah.

Usai saat itu, kejadian aneh mulai terjadi, Teman-teman yang pernah mem-bully Yu Jin mati secara mengenaskan dengan kepala terbakar. Hal tersebut mengingatkan sekolah dan warga sekitar terkait kejadian serupa yang terjadi puluhan tahun silam.

5. A Tale of Two Sisters (2003)

A Tale of Two Sisters.Foto: B.O.M. Film Productions Co via Imdb
A Tale of Two Sisters adalah film horor Korea yang di-remake dalam versi Amerika berjudul The Uninvited (2009).


A Tale of Two Sisters terinspirasi dari legenda Dinasti Joseon bertajuk 'Janghwa Hongryeon jeon'.A Tale of Two Sisters merupakan salah film garapan Kim Jee-woon, yang ini disebut-sebut menjadi salah satu film yang mengeksekusi kisah supernatural-horor dengan sempurna.

Kisah bermula ketika Su-mi (Im Soo-jung) kembali ke rumah setelah menjalani perawatan mental di rumah sakit jiwa. Ia bersatu kembali dengan adik perempuan yang begitu disayang, Su-yeon (Moon Geun-young). Namun, Su-mi juga harus bertemu dengan ibu tirinya, Eun-joo (Yum Jung-ah).

Di rumah, Su-mi merasa kerap diganggu arwah ibu kandungnya yang merangkak naik ke kasur dengan leher patah dan kemudian melihat badan Eun-joo sudah penuh dengan memar.

Film psychological horror ini memiliki jalan cerita yang sulit ditebak sebab memberikan banyak sudut pandang. A Tale of Two Sisters menjadi film horor Korea pertama yang ditayangkan di Amerika. Film ini bahkan dibuat dalam versi Amerika dengan judul The Uninvited.

Nah, kelima film horor Korea yang telah diulas memiliki plot cerita menarik, sekaligus alur yang mendebarkan. Tentunya kelima film horor tersebut dapat dijadikan referensi untuk hiburan di akhir pekan, atau malah tontonan di malam Jumat.

(khr/fef)

[Gambas:Video CNN]