Rumah Kenangan, Pentas Daring dari Para Penggawa Teater

CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 07:35 WIB
Sejumlah penggawa teater Indonesia bergabung dalam proyek pementasan daring bertajuk Rumah Kenangan yang akan disiarkan streaming pertengahan Agustus mendatang. Sejumlah penggawa teater Indonesia bergabung dalam proyek pementasan daring bertajuk Rumah Kenangan yang akan disiarkan streaming pertengahan Agustus mendatang. (Dok. Titimangsa Foundation)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah penggawa teater Indonesia bergabung dalam proyek pementasan daring bertajuk Rumah Kenangan yang akan disiarkan streaming pada pertengahan Agustus mendatang.

Dalam poster promosinya, terlihat bahwa pentas ini akan melibatkan Happy Salma selaku pendiri Titimangsa Foundation juga Nano dan Ratna Riantiarno sebagai Pendiri Teater Koma.

Ada pula Butet Kertaredjasa, Agus Noor, Susilo Nugroho dari Teater Gandrik, serta didukung oleh aktor Reza Rahadian dan aktris Wulan Guritno.


Sebagai penggagas cerita, Happy Salma menjelaskan bahwa Rumah Kenangan ini merupakan pertunjukan teater pertama yang digelar tanpa penonton dan dialihmediakan ke dalam bentuk film atau disebut juga cinema play.

"Rumah kenangan adalah kisah tentang 6 manusia dengan beragam karakter yang diikat karena persaudaraan. Disebabkan oleh pandemi Covid-19, mereka semua terpaksa berada di satu rumah bersama setelah sebelumnya berpencar," tulis Happy dalam keterangan unggahan di Instagram.

Keterangan itu berlanjut, "Ternyata segala yang terpendam selama ini, terbuka secara perlahan di dalam sebuah rumah kenangan."

[Gambas:Instagram]

Lewat unggahan lain, Happy mengungkap bahwa produksi pementasan ini dilakukan di Yogyakarta setelah semua tim yang terlibat menjalani karantina dan tes rapid bersama.

"Sebelumnya, proses reading kita lakukan di Zoom. Proses ini berlangsung kurang lebih 2 bulan. Singkat padat bergizi. Semua kisah berpusat di satu rumah dengan beragam kejadian masalah keluarga," tuturnya.

Happy juga membeberkan bahwa ia berkesempatan untuk berada di panggung bersama Ratna Riantiarno dan Butet Kertaredjasa yang berperan sebagai ibu tiri dan ayahnya di Rumah Kenangan.

[Gambas:Instagram]

Rumah Kenangan diarahkan oleh Agus Noor dari naskah cerita yang ia tulis sendiri.

Pentas ini akan disiarkan secara streaming pada 15 dan 16 Agustus pukul 20.00 WIB di laman Indonesia Kaya. Tiket dijual dengan harga Rp35 ribu untuk pembelian 4-10 Agustus, dan Rp50 ribu untuk pembelian mulai 11 Agustus.

(agn/has)