Cara Reggy Terima Keputusan Oscar Lawalata Jadi Perempuan

CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 21:28 WIB
Reggy Lawalata menerima serta mendukung keputusan anaknya, Oscar Lawalata untuk mengubah jenis kelamin menjadi perempuan. Reggy Lawalata menerima serta mendukung keputusan anaknya, Oscar Lawalata untuk mengubah jenis kelamin menjadi perempuan. (CNN Indonesia/Yohannie Linggasari)
Jakarta, CNN Indonesia --

Reggy Lawalata menerima serta mendukung keputusan anaknya, Oscar Lawalata untuk mengubah jenis kelamin menjadi perempuan.

Dalam konten yang diunggah di saluran YouTube The Lawalatas, Reggy membagikan kisah bagaimana ia kemudian menerima pilihan Oscar tersebut.

"Oscar itu suka klasik, tapi waktu dia SMP lagunya [menirukan seriosa]. Tiba-tiba aku pulang di kamarnya ada lilin-lilin, aku pikir dia agama sesat," tutur Reggy.


Dia kemudian menyadari bahwa itu karena Oscar memiliki kepribadian yang lebih feminin.

Reggy berpikir bahwa kebanyakan orang mungkin akan melihat hal itu sebagai kekurangan. Namun tidak dengan dirinya. Reggy merasa bahwa hal itu justru bisa menjadi kelebihan.

"Buktinya karyanya, itu untuk saya ya," katanya.

Reggy tak memungkiri bahwa ia sempat berpikir bahwa perceraian dirinya dengan Alexander Polii menjadi penyebab Oscar menjadi demikian. Seiring berjalannya waktu, ia melihat bahwa kawannya yang memiliki keluarga rukun pun juga memiliki anak yang sama seperti Oscar.

Sejak itu, ia mendalami tentang homoseksual, lesbian, transgender, untuk mengenal anaknya lebih dalam.

"Saya pernah perang dingin, malah kita pernah tangis-tangisan waktu dia SMP. Itu sangat-sangat sedih buat saya," kenang Reggy.

"Karena dia nangis sama saya dan dia bilang begini, 'Saya juga enggak tahu, saya dikasih sayang sama, makan sama, tinggal sama, semua sama tapi kenapa saya berbeda?'"

Bagi Reggy hal itu menjadi pukulan dan mulai menerima anaknya. Ia mengabaikan komentar orang dan menyatakan bahwa yang terpenting adalah memastikan sang anak mendapat dukungan darinya dan orang terdekat.

"Mereka sendiri bingung sama diri mereka, bantu, bukan dibuang. Dia perlu ibunya. Mereka-mereka ini perlu keluarganya yang support mereka," kata Reggy.

Dia juga mengatakan bahwa komunikasi menjadi salah satu cara penting untuk mengenal anaknya, "Rangkul mereka, tanya apa yang mereka inginkan dan biarkan mereka jadi apa yang mereka rasakan, dan saya yakin mereka akan lebih bertanggung jawab daripada sekarang,"

"Anak kan dititipkan tuhan, berilah mereka kebahagiaan jangan kita saja yang mau bahagia."

Reggy mengungkapkan bahwa dia menerima pilihan anak pertamanya menjadi perempuan sejak lima hingga enam tahun lalu. Kala itu, ia menuturkan telah berbicara dari hati ke hati bersama Oscar serta mendukung segala pilihan yang diambil anaknya itu.

"Pilihan Oscar, apapun itu, saya support karena bagaimanapun kamu adalah anak saya. apapun kamu, I love you so much, so you can do what you want. whatever what you want, dan saya tidak peduli sama semua orang," katanya.

[Gambas:Youtube]



(agn/end)