Kebun Binatang di Serial Tiger King Tutup Permanen

CNN Indonesia | Jumat, 21/08/2020 17:45 WIB
Kebun Binatang Greater Wynnewood Exotic Animal Park (G.W. Zoo) yang muncul dalam serial dokumenter Tiger King tutup permanen. Kebun Binatang Greater Wynnewood Exotic Animal Park (G.W. Zoo) yang muncul dalam serial dokumenter Tiger King tutup permanen. (Dok. NETFLIX/Courtesy of NETFLIX)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebun Binatang Greater Wynnewood Exotic Animal Park (G.W. Zoo) yang muncul dalam serial dokumenter Tiger King tutup permanen. Kabar itu disampaikan melalui akun Facebook resmi kebun binatang dengan penjelasan panjang.

Pihak kebun binatang yang dulu bernama Garold Wayne Exotic Animal Memorial Park ini menjelaskan bahwa Tiger King telah mengubah hidup mereka. Sejak serial itu tayang mereka menjadi perhatian banyak orang dan target aktivis hewan.

Secara tidak langsung hal itu menyebabkan pendapatan mereka menjadi tidak pasti. Sementara mereka sangat membutuhkan pendapatan yang pasti untuk menjamin perawatan hewan.


"Mulai hari ini, kami memutuskan untuk segera menutup kebun binatang tua ini. Untuk menutup permanen G.W. Zoo, saya mengembalikan lisensi ekshibisi dari Kementerian Pertanian Amerika Serikat," pernyataan G.W. Zoo dalam unggahan di Facebook.

Lewat unggahan itu pihak G.W. Zoo juga menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian menuduh pihak kebun binatang. Menurut mereka tuduhan itu dilakukan setelah Kementerian Pertanian mendapat tekanan dari organisasi pecinta hewan, People for the Ethical Treatment of Animals (PETA).

Pihak G.W. Zoo semakin curiga setelah menghubungi Kementerian Pertanian untuk mengembalikan lisensi ekshibisi, kementerian menyatakan telah menangguhkan lisensi ekshibisi pihak G.W. Zoo selama 21 hari dengan alasan yang tidak jelas.

"Di negara bagian Oklahoma, kepemilikan hewan eksotis sepenuhnya legal. Percayalah bahwa semua hewan akan mendapat perawatan yang baik, dan tidak akan lagi menjadi inspeksi Kementerian Pertanian atau PETA," pernyataan G.W. Zoo.

Dalam serial dokumenter Tiger King, G.W. Zoo menjadi tempat yang sangat sentral. Pengambilan gambar kebun binatang tersebut sangat banyak, terlebih ketika Joe Exoctic beraksi.

Dalam episode akhir Tiger King, Joe terbukti terlibat kasus perencanaan pembunuhan dan penyiksaan hewan. Pun kepemilikan G.W. Zoo jatuh ke tangan Jeff Lowe hingga saat ini.

Pada akhir penjelasan, pihak G.W. Zoo akan membuat kebun binatang baru di masa mendatang. Kebun binatang tersebut akan digunakan sebagai lokasi syuting konten yang berkaitan dengan Tiger King.

(adp/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK