Perjalanan Giring dari Nidji hingga Maju Pilpres 2024

CNN Indonesia | Senin, 24/08/2020 16:25 WIB
Giring Ganesha Djumaryo atau yang lebih akrab disapa Giring mengumumkan bakal mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilihan Presiden 2024. Giring Ganesha Djumaryo atau yang lebih akrab disapa Giring mengumumkan bakal mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilihan Presiden 2024. (CNN Indonesia/Mesha Mediani)
Jakarta, CNN Indonesia --

Giring Ganesha Djumaryo atau yang lebih akrab disapa Giring mengumumkan bakal mencalonkan diri sebagai presiden dalam Pemilihan Presiden 2024.

"Saya memang mencalonkan diri menjadi calon presiden Republik Indonesia di 2024," kata eks vokalis grup musik Nidji itu, Senin (24/8).

Giring menyebut telah mempertimbangkan secara matang maju menjadi calon presiden. Ia mengaku juga telah berdiskusi dengan keluarga terkait pencalonan dirinya ini.


Nama musisi kelahiran 14 Juli 1983 ini mulai dikenal banyak orang ketika bergabung dalam grup band Nidji bersama lima temannya dan berperan sebagai vokalis sejak 2002.

Bersama Nidji, Giring telah merilis sejumlah musik Disco Lazy Time, Bila Aku Jatuh Cinta, serta Hapus aku.

Nidji juga memiliki konsep musik modern rock yang memadukan unsur-unsur lain, seperti progresif, funk, alternatif, dan pop.

Grup-grup band yang secara tidak langsung memengaruhi dan menjadi inspirasi terhadap corak musik Nidji, antara lain L'Arc~en~Ciel, Coldplay, Goo Goo Dolls, U2, Radiohead, Smashing Pumpkins, The Verve, Dave Matthews, The Killers, Keane, dan sebagainya.

Sederet penghargaan bergengsi pun berhasil mereka menangkan, termasuk Most Favourite New Artist di MTV Indonesia Awards 2006, Album Rock Terbaik di AMI Awards 2008 Karya Produksi Original Soundtrack Film Terbaik di AMI Awards 2014 dan masih banyak lagi.

Selama 12 tahun berkarier musik, Giring dan Nidji juga kerap mengisi lagu-lagu tema film Indonesia seperti Laskar Pelangi, Sang Pencerah, 5cm, serta Street Society.

Tak hanya itu, Giring juga mulai terjun ke dunia akting yang diawali dengan peran Sudja dalam film Sang Pencerah pada 2010 serta Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea (2016). Ia juga rutin menjadi pengisi suara Paddle Pop dalam film Petualangan Singa Pemberani sejak 2012.

Kendati demikian, Giring memilih keluar dari Nidji pada 2017 untuk masuk dunia politik. Ia bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dibentuk mantan presenter Grace Natalie. Ia merasa PSI memiliki visi dan misi yang sejalan dengannya.

Dalam perjalanan kariernya sebagai politikus, Giring sempat mencoba maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) PSI pada Pileg 2019.

Namun, hal tersebut tak terealisasi karena PSI tak lolos parliamentary threshold atau ambang batas masuk parlemen. Oleh sebab itu, meski Giring mendapat perolehan suara tinggi di daerah pemilihannya (dapil) di Jawa Barat, ia gagal menjadi anggota DPR RI.

Saat ini, Giring menjabat sebagai Plt Ketua Umum PSI karena Grace Natalie tengah kuliah lagi di Singapura. Sebelumnya, Grace menyatakan melihat komitmen yang kuat untuk membangun partai anak muda itu dari dalam diri Giring.

Penunjukan Giring sebagai Plt Ketum sudah berdasarkan musyawarah di jajaran PSI.

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK