Advokat Bersiap Sidang Banding Bill Cosby soal Skandal Seks

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 17:11 WIB
Para advokat mulai bersiap menghadapi sidang banding Bill Cosby terkait kasus kekerasan seksual yang dianggap dapat menjadi preseden di kemudian hari. Para advokat mulai bersiap menghadapi sidang banding Bill Cosby terkait kasus kekerasan seksual yang dianggap dapat menjadi preseden di kemudian hari. (AFP/Mark Makela)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para advokat mulai bersiap menghadapi sidang banding Bill Cosby terkait kasus kekerasan seksual yang menyeret nama aktor tersebut.

AP melaporkan bahwa para advokat mempersiapkan segala sesuatu dengan seksama karena sidang Cosby dapat menjadi tolok ukur untuk penanganan kasus serupa di kemudian hari.

Saat ini, Cosby menghadapi tiga tuntutan terkait kekerasan seksual terhadap Andrea Constand yang sebenarnya sudah diajukan sejak 2005.


Dalam persidangan, sejumlah perempuan lain memberikan keterangan bahwa mereka juga pernah menjadi korban pelecehan seksual oleh Cosby.

Kasus ini dapat dijadikan preseden karena Cosby merupakan selebritas pertama yang menjalani persidangan terkait kekerasan seksual setelah kampanye #MeToo marak.

Sejumlah pihak menganggap ada dua preseden penting yang dapat ditentukan setelah sidang ini, salah satunya sejauh mana korban dapat memberikan kesaksian melawan tersangka.

Selain itu, sidang ini juga dapat menjadi preseden sejauh mana keterangan tambahan bisa dianggap sebagai pembunuhan karakter.

Di satu sisi, para advokat dari pembela publik - yang dalam kasus ini berarti membantu Cosby - menganggap sikap pengadilan tak jelas terkait kedua masalah tersebut.

"Pengadilan berulang kali gagal menganalisis bagaimana pelanggaran yang tak dibawa ke pengadilan sebelumnya, relevan untuk menjadi bukti sebagai motif dan identitas (tersangka)," tulis Asosiasi Pembela Philadelphia dalam surat tanggapannya.

Menurut mereka, satu kesaksian seharusnya hanya dapat dikaitkan dengan satu skema kejahatan demi menghindari "risiko tersangka diadili karena identitas mereka, atau atas apa yang mereka mungkin akan lakukan atau tidak dilakukan sama sekali sebelumnya."

[Gambas:Video CNN]

Namun di sisi lain, jaksa penuntut menyatakan bahwa mereka perlu melihat pola perilaku Cosby untuk menunjukkan pelanggaran yang ia lakukan hanya kesalahan satu kali atau bukan.

Pengadilan sudah menyatakan Cosby bersalah pada 2018 lalu dan menjatuhkan hukuman 3-10 tahun penjara atas komedian tersebut.

Ia mengajukan banding setelah dua tahun mendekam di penjara. Cosby harus melewati satu tahun lagi sebelum dapat mengajukan pembebasan bersyarat.

(has/bac)