Produksi Film Korea Merosot 22 Persen karena Corona

CNN Indonesia | Kamis, 17/09/2020 13:29 WIB
Produksi film di Korea Selatan menurun lebih dari 20 persen dalam delapan bulan terakhir akibat pandemi Covid-19. Ilustrasi. (Istockphoto/EvgeniyShkolenko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Produksi film di Korea Selatan menurun lebih dari 20 persen dalam delapan bulan terakhir akibat pandemi Covid-19.

Dewan Perfilman Korea pada Kamis (17/9) melaporkan bahwa hanya 18 film yang diproduksi dalam periode Januari hingga Agustus 2020. Angka itu menurun 22 persen ketimbang periode yang sama tahun lalu dengan jumlah produksi 23 film.

Berdasarkan data tersebut, hanya ada beberapa film yang masih sempat diproduksi hingga sekitar Januari, sebelum pandemi melanda Korea Selatan.


Karya-karya itu di antaranya drama fantasi Our Season dan flm laga yang dibintangi Song Joong-ki bertajuk Bogota, juga film laga Voice serta Protector yang disutradarai Jung Woo-sung.

Situasi mulai berubah ketika virus corona mewabah di Korea Selatan pada Februari 2020 dan menjadi pandemi dunia tak lama setelah itu.

Film fiksi ilmiah bertajuk Alien yang disutradarai Choi Dong-hoon baru bisa mulai berproduksi pada akhir Maret, setelah beberapa kali ditunda akibat pandemi.

Bogota yang mulai diproduksi awal tahun juga sempat terhenti karena seluruh artis dan tim produksi harus kembali ke Korea pada Maret akibat larangan terbang luar negeri demi meredam penyebaran virus corona.

Film terbaru yang dibintangi Hyun Bin dan Hwang Jung-min bertajuk Negotiation juga terpaksa menunda proses syuting di Yordania dan hanya melanjutkan pengambilan gambar di Korea pada April.

Kondisi yang sempat membaik jelang akhir April hingga Juli membuat beberapa film, seperti Wonderland dan Emergency Declaration, mulai syuting pada April dan Mei.

Namun, demi meredam penyebaran, banyak produser dan tim produksi kembali menunda pengambilan gambar. Dengan demikian, tak ada film yang diproduksi pada Juni.

Hanya tiga film yang mulai diproduksi pada Juli dan Agustus, salah satunya adalah film laga thriller bertajuk Limit.

[Gambas:Video CNN]

Setelah itu, produksi Emergency Declaration ditangguhkan hingga waktu yang belum ditentukan karena seorang anggota staf mengonfirmasi kontak langsung dengan pasien Covid-19 pada 31 Agustus.

Seperti dilansir Yonhap, Dewan Perfilman Korea juga melaporkan sejumlah produksi film terbaru, seperti Apgujeong Report yang dibintangi Ma Dong-seok, turut terdampak akibat peningkatan kasus harian Covid-19 di Korea dalam satu bulan terakhir.

Sejak Agustus, Korea Selatan selalu melaporkan lebih dari 100 kasus Covid-19 baru setiap harinya. Presiden Moon Jae-in pun kembali memperketat aturan jaga jarak ke level 2.5, terutama di kawasan dengan tingkat penularan tinggi, seperti Seoul.

(chri/has)